Sulteng Bangkit : PERINGATAN HUT KE-47 KORPRI TINGKAT PROVINSI SULAWESI TENGAH

Dalam rangka memperingati HUT Ke-47 KORPRI Tahun 2018, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah selaku pengelola urusan kekorprian Prov. Sulteng, memfasilitasi pelaksanaan upacara HUT Korpri. Berbeda dengan tahun lalu, Upacara HUT Ke-47 KORPRI Tingkat Prov. Sulteng kali ini dilaksanakan di Kabupaten Toli Toli.

Upacara HUT Ke-47 KORPRI Tahun 2018 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan di Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan Kab. Toli Toli pada Kamis, 29 November 2018. Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Mohamad Hidayat, M.Si. Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Toli Toli, pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Kab. Toli Toli, Pejabat Pimpinan Tinggi dan Administrasi lingkup Kab. Toli Toli dan Prov. Sulteng serta para undangan dan peserta upacara lainnya.

Upacara diiisi dengan pengibaran bendera nasional oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kab. Toli Toli, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pengucapan Panca Prasetya Korpri, pembacaan sambutan Presiden oleh inspektur upacara, penganugerahan tanda kehormatan satyalancana karya satya kepada PNS lingkup Pemkab Toli Toli dan ditutup dengan pembacaan doa.

Dalam sambutannya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai insan korpri kembali diingatkan oleh Presiden, akan fungsi dan peran utamanya selaku abdi negara dan masyarakat. Sebagaimana tema HUT kali ini KORPRI : MELAYANI, BEKERJA DAN MENYATUKAN BANGSA, maka PNS harus secara konsisten dan maksimal bekerja memberikan pelayanan kepada negara dan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang kuat, mandiri dan berkemajuan.

Selain melaksanakan upacara, juga diselenggarakan Rapat Kerja Korpri Sulteng. Raker Korpri Sulteng dilaksanakan di Hotel Mitra Toli Toli, setelah pelaksanaan upacara. Raker Korpri dihadiri dan dibuka oleh Wakil Ketua Dewan Pengurus Korpri Sulawesi Tengah, Dr. Adidjoyo Dauda, M.Si. Juga dihadiri oleh pengurus lainnya seperti, Sitti Norma Mardjanu, SH., M.Si., M.H., dan Zubair, S.Sos, M.Si.

Raker Korpri diikuti oleh pejabat pengelola Korpri pada perangkat daerah Prov. Sulteng, Pengurus Korpri Kab/Kota, dan para anggota Korpri lainnya baik dari Pemda Toli Toli maupun Pemda Sulteng. Rapat kerja dipandu oleh Sitti Norma Mardjanu, SH., M.Si., M.H., dan Zubair, S.Sos., M.Si., bersama pejabat pengelola kekorprian BKD Prov. Sulteng (Purwoko, S.Sos).

Hal-hal yang disepakati menjadi rekomendasi Raker untuk ditetapkan oleh Pengurus dan disahkan oleh Gubernur antara lain
– Upacara peringatan Hut Korpri Tingkat Provinsi Sulteng dilakukan secara bergilir pada Kab/Kota di Sulteng. Untuk Tahun 2019, disepakati dilaksanakan di Kab. Banggai.
– Pada setiap pelaksanaan HUT Korpri disemarakkan dengan aksi sosial seperti Kerja Bakti, Donor Darah, Santunan Panti, Lomba Olah Raga, dan lain sebagainya, disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kemampuan dana yang tersedia.
– Pada tiap pelaksanaan HUT Korpri juga dirangkaikan dengan Rapat Kerja/Raker atau Rapat Koordinasi/Rakor Korpri Sulteng, sesuai dengan kebutuhan organisasi.
– Pengurus Korpri Sulteng diminta aktif melakukan pembinaan dan pemantauan terhadap kinerja Pengurus Korpri Kab/Kota. Dan dimasukkan dalam agenda Raker/Rakor Korpri Sulteng.
– Disepakati iuran Korpri yang baru untuk selanjutnya akan ditetapkan dengan Keputusan Gubernur dan berlaku mulai 1 Januari 2019 adalah :
Golongan IV : Rp. 35.000 Perbulan
Golongan III : Rp. 25.000 Perbulan
Golongan II : Rp. 15.000 Perbulan, dan
Golongan I : Rp. 10.000 Perbulan
– Kriteria persemayaman dan sumbangan duka Bagi PNS dan Pensiun yang meninggal dunia :
Bagi PNS aktif : upacara persemayaman dan pemberian sumbangan duka sebesar Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah);
Bagi Pensiunan kurang dari 7 tahun : upacara persemayaman dan pemberian sumbangan duka sebesar Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah);
Bagi Pensiunan lebih dari 7 tahun : hanya pemberian sumbangan duka sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) tanpa upacara persemayaman.
Pelaksanaan upacara dan Raker Korpri Sulteng di Kab. Toli Toli ini dapat terselenggara dengan baik juga tak lepas dari dukungan dan bantuan dari Pemkab Toli Toli, khususnya BKPSDM Kab. Toli Toli dan Bagian Humas Setkab Toli Toli. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu tersebut.

Galery: