Telah Terbit : BULETIN KEPEGAWAIAN EDISI 7 – AGUSTUS 2019

Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah SWT, Buletin Kepegawaian dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (BKD Sulteng) kembali terbit dan menyapa publik baik internal Prov. Sulteng maupun pihak eksternal terkait lainnya. Edisi kali ini merupakan terbitan ke 7. Media ini eksis sejak Tahun 2013, dimaksudkan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terkait manajemen kepegawaian daerah dan nasional, kegiatan internal BKD, profil berikut data kepegawaian di Sulteng dan hal lainnya yang berhubungan dengan pembangunan kepegawaian.

Edisi sebelumnya, terbitan keenam 2018,  Buletin Kepegawaian dihadirkan dengan format rubrikasi yang disesuaikan dengan kaidah jurnalistik umum dan fenomena kepegawaian. Artikel informasi, berita atau tulisan kajian dan data dikelompokkan dalam rubrik-rubrik tersebut. Pola ini ternyata cukup membantu proses penyusunan dan pencetakan buletin. Para pegawai yang hobi menulis atau ingin berpartisipasi menjadi lebih mudah dalam menetapkan tema artikelnya. Proses seleksi oleh tim redaksi bisa lebih sederhana dan cepat. Desain buletin juga menjadi lebih gampang.

Walhasil, format rubrikasi ini masih tetap dipertahankan. Dan diterapkan pada terbitan kali ini. Tentu ada penyesuaian. Sebelumnya, baru sebanyak 6 rubrik. Redaksiana, Utama, Internal, Fungsional, Serba-Serbi dan Rehat. Edisi ini, dimunculkan 3 rubrik baru. Khusus, Korpri dan Data.

Akhir 2018 dan awal 2019 terjadi dua momen yang patut diangkat dalam buletin ini.  Dimasukkan dalam rubrik Khusus. Pertama adalah tragedi nan memilukan, gempa bumi, tsunami dan likuifaksi pada Jumat, 28 September 2019. Peristiwa ini meluluhlantakkan Kota Palu, Kab. Donggala, Kab. Sigi bahkan sampai Kab. Parigi Moutong. Ribuan nyawa melayang. Infrastruktur publik dan permukiman masyarakat rusak berat. Sebagian sampai tidak berwujud bahkan hilang ditelan bumi. Pendokumentasiannya dalam buletin ini sebagai pengingat dan pembelajaran untuk mengantisipasi pengulangannya di masa depan alias mitigasi bencana.

Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah, Mohamad Hidayat, pada Maret 2019 menyelesaikan studi Doktoralnya di Pascasarjana Universitas Tadulako Palu. Suatu raihan yang luar biasa mengingat kesibukan kedinasan dan kemasyarakatannya yang tinggi. Adalah wajar jika prestasi berikut materi disertasinya, yang berkaitan dengan pengembangan aparatur sipil negara, juga diketengahkan secara khusus dalam media ini. Semoga menjadi motivasi bagi ASN lainnya untuk mengembangkan dirinya. Dan temuan dari penelitan Dr. H. Mohamad Hidayat, M.Si, pada disertasinya bisa dibaca dan menjadi referensi baru bagi pengembangan ilmu administrasi publik.

Sedang rubrik Korpri, menjadi ruang bagi informasi dan berita terkait kegiatan Korpri Sulawesi Tengah. Yang ternyata memiliki ragam aktifitas dengan frekwensi yang cukup tinggi. Sehingga dirasa perlu untuk menyuguhkannya dalam ruang berita tersendiri. Begitu pula, Data. Adalah rubrik yang disediakan untuk mengeksplorasi profil dan keadaan kepegawaian secara angka atau fenomena informasi lainnya.

Demikian sekelumit pengantar dari Buletin Kepegawaian Edisi Ketujuh Tahun 2019. Yang akan didistribusikan ke seluruh Perangkat Daerah pada bulan ini. Kepada semua pihak yang berpartisipasi hingga majalah ini mewujud, tim penyusun menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya. Tentu tetap ada noda dan bercak yang tidak pas pada buletin ini. Mohon dapat dimaklumi dan diinformasikan kepada tim penyusun sebagai bahan perbaikan.

Selain secara fisik, buletin ini bisa dibaca melalui website resmi bkd.sultengprov.go.id. Semoga bermanfaat…