Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (KIPS) Prov. Sulteng gelar FGD Layanan Manajemen Data Informasi e-Goverment

Bertempat di Hotel Parama Su – Palu, Rabu, 21 Agustus 2019, Dinas KIPS Prov. Sulteng menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Layanan Manajemen Data Informasi e-Government.

Kegiatan FGD dibuka langsung oleh Kepala Dinas KIPS Prov. Sulteng, Faridah Lamarauna, SE, M.Si. Saat membuka acara beliau didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Ir. Edwin Leatemia, selaku pengelola kegiatan FGD tersebut. Narasumber dalam acara tersebut, Wahyumardi, pejabat dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Dalam FGD tersebut, yang turut dihadiri utusan dari BKD Prov. Sulteng, Tauhid Thalib (Kasubid INKA), terungkap bahwa Peringkat e-Gov Indonesia (PeGI) Prov. Sulteng di 2015 masih dalam kategori kurang. Dimensi pengukuran PeGI adalah Kebijakan, Kelembagaan, Infrastruktur, Aplikasi, dan Perencanaan. Berdasar perhitungan terhadap dimensi tersebut di lingkup Prov. Sulteng memang menunjukkan angka rata-rata yang minim yaitu 1.72. Masih dibawah angka rata-rata nasional, 2.50.

Olehnya melalui FGD dan intervensi lainnya terhadap dimensi pengukurannya diharapkan tingkat PeGI Prov. Sulteng bisa meningkat dan memberi dampak positif bagi aktivitas pemerintahan yang berbasis elektronik dan digital. Tentunya untuk segera mempercepat perwujudan Sulteng yang maju mandiri dan berdaya saing di 2020.