HARI INI, PRESIDEN JOKO WIDODO LANTIK WAGUB SULTENG SISA MASA JABATAN 2016 – 2021

Dijadwalkan, hari ini, Senin, 26 Agustus 2019, bertempat di Istana Negara Jakarta, Presiden Joko Widodo melantik Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang baru, Rusli Baco Dg. Palabbi. Wagub Sulteng pengganti Alm. H. Sudarto tersebut akan mendampingi Gubernur Longki Djanggola untuk sisa masa jabatan sampai dengan 2021.

Sebelumnya, melalui rapat paripurna DPRD Prov. Sulteng pada Senin, 8 Juli 2019 lalu, Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah untuk sisa masa jabatan 2016 – 2021, terpilih. Rapat saat itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Prov. Sulteng, Alimuddin Paada dan dihadiri Sekprov Sulteng, Dr. Mohamad Hidayat, M.Si. Melalui proses pemilihan yang berlangsung demokratis menggunakan metode voting, kandidat Rusli Baco Dg. Palabbi berhasil terpilih menjadi Wakil Gubernur Sulteng Pengganti Antar Waktu untuk sisa masa jabatan 2016 – 2021. Menyingkirkan cawagub lainnya Andi Mansur Pasande, yang hanya meraih 8 suara. Rusli Baco Dg. Palabbi meraih 35 suara.

Pemilihan Wakil Gubernur Sulteng untuk sisa masa jabatan dilakukan mengingat sejak 1 Oktober 2016 kosong ditinggalkan oleh Alm. H. Sudarto. Rusli Baco Dg. Palabbi, adalah juga anggota DPRD Prov. Sulteng dari PAN. Namun dengan keikutsertaannya dalam pemilihan cawagub ini, dia diharuskan mundur dari jabatan tersebut. Saat di dewan, pria bernama lengkap H. Rusli Dg. Baco Palabbi , S.Sos, SH, MH., ini menduduki jabatan Sekretaris Komisi I yang membidangi Pemerintahan. Komisi ini adalah mitra dari BKD Prov. Sulteng.

Pengalaman di dewan terkhusus di komisi yang membidangi pemerintahan tentu menjadikan Rusli Baco Dg. Palabbi paham dan maklum dengan dinamika birokrasi. Kondisi ini diharapkan memudahkannya berinteraksi dan berkolaborasi dengan Gubernur Longki Djanggola dalam memajukan Sulawesi Tengah. Mewujudkan Sulawesi Tengah Maju Mandiri dan Berdaya Saing.