UPT Penilaian Kompetensi BKD Prov.Sulteng Melakukan Job Fit JPT Pratama Lingkup Pemkab Donggala

Pemerintah Kabupaten Donggala melalui UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulteng melaksanakan Job Fit JPT Pratama untuk melihat kesesuaian posisi jabatan.

Assessment Job Fit Jabatan PimpinanTinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Donggala di selenggarakan di Hotel Rama, Senin (24/2/2020).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Donggala, H. Aidil Nur.,SH.,M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan “Kita ingin menjalankan prinsip meritokrasi secara efektif dengan menempatkan ASN sesuai dengan kemampuan. Langkah pertama dengan melakukan Job Fit untuk melihat seorang pejabat cocok di jabatan apa, agar sesuai dengan kemampuannya,”

Job Fit (kesesuaian jabatan) menurutnya merupakan amanat undang-undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pada Pasal 117 dalam regulasi tersebut menjelaskan bahwa Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) hanya dapat diduduki paling lama lima tahun, kemudian dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian dan berkoordinasi dengan KASN.

“Kita sedang fokus melakukan penataan pegawai, hasil uji kompetensi ini nantinya juga bisa digunakan untuk Rotasi Jabatan sesuai kompetensi dan Potensi bidang masing-masing sehingga dapat memberikan semangat baru dalam bekerja” tegasnya

Sementara itu, Arahan Kepala BKD Provinsi Sulawesi Tengah melalui Kepala UPT Penilaian Kompetensi Pegawai, Mohammad Fadly,S.H.,M.Si menjelaskan bahwa hasil Penilaian Job Fit Kompetensi Manajerial ini berlaku selama 3 (tiga) Tahun sesuai Permenpan Rb Nomor 15 tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi dan Peraturan BKN No 26 Tahun 2019 tentang Pembinaan Penyelenggara Penilaian Kompetensi PNS Pasal 29 ayat 4.

“Kita telah berkomitmen untuk melaksanakan assessment ini berdasarkan prinsip independensi, objektif, valid, reliabel, dan transparan Apalagi saat ini kami memiliki Jabatan Fungsional Assessor SDM Aparatur yang telah berpengalaman dalam berbagai assessment yang ditandai sertifikasi dari BKN, termasuk metode yang digunakan yakni metode Assessment Center, Ini telah teruji sebagai metode yang paling objektif dan adil dalam mengungkap potensi dan kompetensi assesse” tegasnya.

Job Fit JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Donggala diikuti sebanyak 18 peserta yang terdiri dari Pejabat JPT Pratama dari berbagai Perangkat Daerah yakni, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Menengah, DinasPariwisata, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perumahan Kawasan, Permukiman dan Pertanahan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan, Dinas Pengendalian Pendudukdan KB, Dinas Perhubungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah,serta Sekretaris Dewan.

Selanjutnya Kepala BKD Provinsi Sulawesi Tengah juga berharap bahwa assessment ini memberikan gambaran menyeluruh terkait potensi dan kompetensi para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Donggala, dan sebagai dasar decision making Pejabat Pembina Kepegawaian dalam hal ini Bupati Kabupaten Donggala.