Hari Koperasi Nasional Ke-73 : Koperasi Pegawai Negeri (KPN) BERINGIN Kembali Diaktifkan

Peringatan Hari Koperasi Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Juli kembali digelar. Mengingat kondisi pandemi Covid-19, acara Hari Koperasi Tingkat Prov. Sulteng digelar dengan sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu, 15 Juli 2020 bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng.

Gelaran acara yang dihadiri oleh Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Sulteng, Dr. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc, mewakili Gubernur Sulteng tersebut, berjalan dengan nuansa dan semangat untuk berkoperasi yang lebih bernyala-nyala. Ini ditandai dengan pengaktifan kembali Koperasi Pegawai Negeri (KPN) di lingkungan Pemerintah Prov. Sulteng, KPN Beringin.

Pengurus baru KPN Beringin memang telah terbentuk berdasar hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan pada awal 2020 lalu. Diketuai oleh Syarief, SE, M.Si, yang juga menjabat Kepala Bidang Pemberdayaan Dan Pengembangan Koperasi pada Dinas Koperasi & UKM Prov. Sulteng. Tidak hanya pengurus baru. Format pengelolaan koperasi yang beranggotakan para PNS di Prov. Sulteng ini nantinya juga model baru. Yakni berbasis kemitraan, penggunaan teknologi informasi, dan memprioritaskan layanan dan jasa pada sektor riil dan berkaitan dengan kegiatan pemerintahan.

Mengawali pengaktifan itu, dalam acara yang berlangsung sampai Jumat, 17 Juli 2020 tersebut, akan didominasi oleh materi tentang rencana operasionalisasi dari KPN Beringin. Termasuk upaya dalam merekrut anggota baru. Olehnya hadir pada acara tersebut pengelola kepegawaian dan keuangan OPD Prov. Sulteng. Dalam hal ini, Sekretaris, Kasubag Kepegawaian & Umum, dan Bendahara Gaji.

Semoga aktif dan hadirnya KPN Beringin bisa menggairahkan kembali dunia perkoperasian Sulteng dan secara tidak langsung membantu meningkatkan semangat kerja PNS.