Prestasi Saat Pandemi : KORPRI SULTENG WUJUDKAN TAMAN MAKAM ASN PROV. SULTENG

ALHAMDULILLAH, prestasi kembali ditorehkan oleh Pengurus Korpri Prov. Sulteng. Sudah menjadi hal yang diprogramkan oleh Korpri Sulteng sejak Musyawarah Provinsi (Musprov) Korpri Sulteng 2016, Taman Makam ASN akhirnya bisa diwujudkan tahun ini.

Dr. Zubair, M.Si, selaku Sekretaris Korpri Sulteng, pada Kamis, 6/8/20, mengungkapkan jika Taman Makam ASN lingkup Prov. Sulteng segera direalisasikan tahun ini. Program ini sudah diagendakan sejak Musprov 2016. Bahkan pada beberapa kali Raker atau Rakor Korpri, insan Korpri Sulteng sudah menyetujuinya dan menyambut dengan antusias. Baru terwujud saat ini, karena pengurus sangat mengedepankan kehati-hatian dalam proses pengadaan tanahnya selain memperhatikan kemampuan dana yang dimiliki oleh Korpri.

Lokasi pekuburan khusus ASN tersebut nantinya berlokasi di Kel. Poboya – Palu. Dengan luas 20.000 M2 atau 2 Hektar. “Areal tersebut dibeli langsung kepada pemilik yang juga warga setempat. Lokasinya berdekatan dengan TPU Kota Palu dan oleh Pemkot Palu memang berstatus ruang terbuka hijau yang memenuhi syarat untuk rencana tersebut”, ungkap Dr. Zubair yang juga Kadis PMD Prov. Sulteng. Dalam proses pengadaan ataupun pembeliannya, sebagai bentuk kehati-hatian, Korpri membentuk tim khusus lintas sektoral yang berkaitan dan menggunakan jasa Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang independen dari Jakarta untuk menilai kewajaran dan kelayakan harga. Juga dalam proses administrasi pertanahan menggunakan jasa Notaris/PPAT dan diketahui oleh pemerintah setempat (Lurah/Camat).

Dilanjutkan oleh pejabat yang pernah memimpin BKD pada 2017 – 2019 ini, setelah proses pengadaan/pembelian ini tentu masih perlu pembenahan lanjutan lagi. Seperti penggusuran dan pemagaran serta pengaturan pemakaman. Mungkin nanti akan dimintakan kepedulian perangkat daerah teknis seperti Dinas Bina Marga atau Dinas Cipta Karya untuk terlibat dalam penataan lokasi tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin, lokasi tersebut dihibahkan kepada Prov. Sulteng, supaya pengelolaannya lebih tertib dan teratur. Misalnya ke BKD, karena urusan kekorprian sekarang ditangani di BKD.

Yang jelas, salah satunya melalui taman makam ASN ini, Korpri Sulteng akan terus berproses agar bisa secara maksimal memberi manfaat bagi insan korpri Sulteng. Bahkan, lanjut sang Doktor, Korpri Sulteng sedang menjajaki kemungkinan untuk mendukung operasional koperasi lingkup Prov. Sulteng, KPRI Beringin. “Anggota KPRI Beringin kan PNS, yang otomatis insan Korpri juga, jadi wajar kalau kita mendukung Beringin”. Doa dan dukungan insan korpri sangat diharapkan, agar Korpri Sulteng bisa lebih berkarya, berkinerja dan bermanfaat.