Prestasi Saat Pandemi : UPT PENILAIAN KOMPETENSI PEGAWAI JOB FIT JPT PEMKAB BANGGAI KEPULAUAN (Bangkep)

Berprestasi saat pandemi ditunjukkan oleh UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Prov. Sulteng. Dengan tetap menjalankan protocol kesehatan yang ketat demi mengantisipasi penularan Covid-19, Pemkab Banggai Kepulauan (Bangkep) menggandeng UPT Penkom melaksanakan job fit atau uji kesesuaian terhadap pejabat pimpinan tinggi dilingkungan Pemkab Bangkep.

Rachman Yape, S.Psi, M.Psi selaku ketua tim penguji dari UPT Penkom menyampaikan bahwa proses job fit berlangsung pada 9 – 10 September 2020 di Kota Salakan. Job fit kala itu diikuti oleh 18 pejabat JPT. Rinciannya : 4 Kaban, 10 Kadis, Sekwan, Kasatpol PP, 1 Asisten dan 1 Staf Ahli. “Nantinya, setelah job fit, PPK setempat, dalam hal ini Bupati Bangkep akan melakukan rotasi. Untuk jabatan yang kosong barulah dilakukan seleksi terbuka JPT. Karena tidak melaksanakan pilkada, jadi Pemkab Bangkep bisa secara leluasa melakukan mutasi pejabatnya, tentunya dengan tetap mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku”, lanjut Rachman Yape.

Dikisahkan oleh Rachman Yape, yang juga menjabat Kasie Pengujian dan Penilaian UPT Penkom ini, job fit dilaksanakan dengan protocol kesehatan yang ketat dan diawasi langsung oleh instansi terkait. Ini juga menjadi pengalaman baru dan menambah wawasan bagi kami, sekiranya UPT Penkom atau Prov. Sulteng berencana melaksanakan kegiatan demikian. Dengan begitu, Kami di UPT Penkom bisa tetap berkinerja dan berprestasi walau disaat pandemi.