GUBERNUR BUKA PELATIHAN DASAR CPNS PROVINSI SULAWESI TENGAH SECARA VIRTUAL

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola secara virtual membuka kegiatan pelatihan dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan pola pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) Provinsi Sulawesi Tengah 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Vidcon Kantor Gubernur ini juga turut dihadiri oleh Pelaksana Harian Sekretaris Provinsi Sulteng dan Kepala Badan Kepegawaian (BKD).

Kepala BPSDM Sulteng, Novalina mengatakan, pelatihan dasar CPNS tahun 2020 ini diikuti tiga angkatan yaitu Angkatan 63, 64, dan 65, terdiri 120 orang peserta. Novalina mengatakan, pelatihan dasar (latsar) CPNS ini dilakukan secara full distance learning dengan menggunakan sistem aplikasi yang diberi nama system aplikasi twenty system.

Aplikasi sistem ini merupakan salah satu inovasi dari BPSDM dalam rangka mengantisipasi metode pelatihan yang harus dilaksanakan secara learning  pada masa pandemi Covid-19. Pelatihan ini nantinya melalui tiga tahapan yang pertama ialah tahap pembelajaran kelas secara virtual dan kemudian tahap off class, dimana para peserta nantinya diberi kesempatan untuk mengimplementasikan aktulaisasi. Kemudian tahap ketiga peserta akan berkumpul di kelas secara learning untuk mengikuti evaluasi akhir.

Sementara itu, Gubernur Longki Djanggola dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan pelatihan dasar bagi calon pegawai negeri sipil ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kompetensi setiap peserta sebagai pelayan masyarakat yang profesional yang ditunjukkan dalam sikap perilaku bela negara. Harapannya, setelah kembali ke tempat kerja masing-masing seluruh peserta pelatihan dasar  mampu mengimplementasikan kompetensi yang dihasilkan dari pelatihan dasar ini dalam melakukan pelayanan publik dan mendorong percepatan terwujudnya visi misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang maju mandiri dan berdaya saing.

Sementara itu, pembukaan latsar CPNS yang dipimpin langsung oleh bapak Gubernur, diikuti dan dihadiri secara virtual oleh pejabat dan peserta latsar di OPD masing-masing. Begitu juga di BKD pembukaan latsar secara virtual diikuti oleh peserta yaitu CPNS BKD yang berjumlah 7 orang, selain itu turut hadir sejumlah pejabat yang sekaligus bertindak sebagai mentor para peserta di masing-masing unit kerja penempatannya.

Secara keseluruhan Pelatihan Dasar CPNS diikuti oleh 213 peserta yang dibagi ke dalam 2 (dua) gelombang dan 6 (enam) Angkatan/Kelas, yang dilaksanakan 2 tahap 3 angkatan pada Tahun 2020, dan 3 angkatan dilaksanakan pada Tahun 2021. Adapun setelah pembukaan yang telah dilaksanakan penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS 2020 yang diikuti oleh 3 angkatan tersebut (Angkatan LXIII Kelas A, LXIV Kelas B, dan Angkatan LXV Kelas C) kini memasuki tahap Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS hingga berakhir pada bulan November yang akan datang. Selama mengikuti tahap pembelajaran dalam latsar, para peserta diwajibkan memenuhi beberapa ketentuan yaitu seluruh peserta diwajibkan untuk mengenakan Pakaian putih kemeja lengan panjang polos tanpa corak dan celana panjang kain hitam (pria) dan rok panjang hitam (wanita) lengkap dengan atributnya (pin dan sabuk KORPRI, papan nama dan dasi berwarna hitam), pengecualian bagi peserta hamil 4 bulan atau lebih bisa menggunakan terusan berwarna hitam putih selama mengikuti pelatihan virtual, seluruh peserta diwajibkan untuk menggunakan Laptop selama proses pembelajaran virtual, seluruh peserta diwajibkan menggunakan masker apabila berada dalam ruangan lebih dari 1 orang, terakhir dalam mengikuti pelatihan dasar CPNS peserta sudah harus mempunyai isu permasalahan yang ada di Instansi peserta masing-masing.

Harapannya, setelah melalui tahap pembelajaran dalam latsar seluruh peserta mampu mengimplementasikan kompetensi yang dihasilkan dari pelatihan dasar ini dalam melakukan pelayanan publik dan mendorong percepatan terwujudnya visi misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang maju mandiri dan berdaya saing.