Hasil Assessment Pegawai Kontrak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah Diserahkan

Jum’at, 15 Januari 2020 telah dilaksanakan penyerahan dan pemaparan hasil assessment bagi Pegawai Kontrak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah bertempat di Ruang Rapat Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Richard Arnaldo,SE.,M.SA, didampingi Sekertaris Dinas Mahnila Jotolembah SE, Kepala UPT Penilaian Kompetensi Pegawai Rachman Yape, S.Psi., M.Psi., Psikolog, serta Kasie Hubungan Antar Lembaga UPT Penilaian Kompetensi Pegawai Ulfah Meidya Rachmawati S.STP., M.Si.

Rachman Yape, S.Psi., M.Psi., Psikolog dalam keempatan itu memaparkan hasil assessment yang telah dilaksanakan pada tanggal 14-15 Januari 2021 lalu. Pada assessment tersebut diperoleh hasil persentase profil job match untuk kualifikasi tingkat pendidikan SMA yakni 12 % memenuhi syarat, 56 % masih memenuhi syarat,dan 32 % kurang memenuhi syarat. Selanjutnya untuk kualifikasi tingkat pendidikan Sarjana didapatkan hasil 31 % memenuhi syarat, 42 % masih memenuhi syarat, dan  27% kurang memenuhi syarat.

Berdasarkan hasil tersebut sebagaimana tergambar pada grafik diatas, sebanyak 30 % pegawai kontrak pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan kurang memenuhi syarat. Ini menandakan masih ada gap antara kompetensi yang dimiliki pegawai kontrak dengan kualifikasi kompetensi yang dipersyaratkan pada jabatan yang telah diduduki.

Untuk mengatasi kesenjangan tersebut perlu diambil langkah strategis dengan cara meningkatkan kapasitas SDM bagi pegawai yang berada pada kuadran “kurang memenuhi syarat” serta melakukan rotasi pegawai sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dengan harapan pegawai kontrak ini ditempatkan sesuai dengan potensi dan kompetensi yang dimiiliki. Dengan begitu performance maksimal yang diinginkan dari para pegawai kontrak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah bisa terwujud.