UPT. PENILAIAN KOMPETENSI PEGAWAI BKD PROVINSI SULAWESI TENGAH MELAKSANAKAN UJI KOMPETENSI MANAJERIAL DAN SOSIAL KULTURAL DALAM TAHAPAN SELEKSI JPTP CALON SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN TOLITOLI TAHUN 2021

Tahapan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Calon  Sekretaris Daerah (Eselon II.a) Kabupaten Tolitoli masuk pada tahap tes Assessment Center (uji Kompetensi manajerial dan sosial kultural) pada tanggal 26 dan 27 Maret 2021 dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan Covid 19, yang Sebelumnya para pendaftar telah melewati tahap seleksi administrasi.

Kepala UPT Penilaian Kompetensi BKD Prov Sulawesi Tengah Rachman Yape, S.Psi.,M.Psi., Psikolog,  Selaku  tim penguji Kompetensi manajerial dan sosial kultural menjelaskan bahwa proeses assessment kompetensi manajerial dan sosial kultural ini diikuti oleh 6 (eam) orang peserta antara lain: Ir. Fadjar Suko Syuhada, MT (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tolitoli), Mohammad Nur Musa Tahir Mansyhur, SH., M.Si (Sekretaris Inspektorat Kabupaten Tolitoli yang sebelumnya  pernah menduduki jabatan esselon II di Kabupaten Tolitoli), Mohammad Asrul Bantilan, S.Sos (Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tolitoli), Usman, SE., MM., MH (Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tolitoli), Moh. Nasir Hi. Hasan Dg. Marumu, S.Pt., S.IP., M.Si (Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tolitoli) dan Ir. Moh. Akbar Syah, M.Si (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Tolitoli).  Selama melakukan pengambilan data, dilakukan berdasarkan standar kedaruratan COVID-19 sesuai surat edaran Menpan RB No 52 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di dalam masa kedaruratan COVID-19 dan menggunakan standar simulasi sesuai dengan Peraturan BKN no 26 tahun 2019 yang disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid- 19.

Adapun penyesuaian dilakukan diantaranya setiap peserta wajib menggunakan masker dalam mengikuti setiap tahapan assessment center, di ruang assessment center disediakan hand sanitizer dan alat pendeteksi suhu tubuh, dalam pelaksanaan tes psikologi (Psikotest), simulasi analisa kasus, presentasi dan wawancara kompetensi dibuat jarak minimal 1 meter antar peserta.

Selanjutnya,  peserta yang  mengikuti assessment center (uji kompetensi manajerial dan sosial kultural), sesuai dengan  peraturan BKN No. 26 Tahun 2019  yang dianggap Memenuhi Syarat (MS) dan Masih Memenuhi Syarat (MMS) akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya yaitu tahapan Uji Kompetensi Teknis yang dilakukan oleh panitia seleksi yang di bentuk berdasarkan Keputusan Bupati Tolitoli nomor : 800/336.03/BKPSDM tanggal 1 Maret 2021, tentang Pembentuka  Panitia Seleksi terbuka JPT Pratama (Eselon II.a) Kabupaten Tolitoli terdiri dari. Bapak Mulyono, SE.Ak., MM., (Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah) selaku Ketua Pansel, dan para Anggota Pansel antara lain: Asri, SH., M.Si., (Kepala BKD Provinsi Sulawesi Tengah), Prof. Dr. GH. Ridwan, SE., M.Si., Ak., CA (Akademisi UNTAD), Dr. Ir. Muhammad Ansar, MP (Akademisi UNTAD) dan (Dr. Aminuddin Kasim, SH., MH., (Akademisi UNTAD). Bagi peserta yang memperoleh hasil dengan kriteria Kurang Memenuhi Syarat  (KMS) tidak dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Tahapan akhir dari proses seleksi adalah  uji publik sebelum penetapan 3 nama kandidat untuk di sampaikan  ke Gubernur Sulawesi Tengah, dan  Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi.   Selanjutkan 3 nama kandidat yang telah mendapatkan rekomendasi KASN di ajukan ke Bupati Tolitoli untuk memilih satu dari 3 Kandidat untuk ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten ToliToli.