Penginputan Data PNS Dalam Sitara Tapera

Quick respon ditunjukkan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Prov. Sulteng terhadap Surat Kepala BKD Prov. Sulteng No : 800/0458/BKD tanggal 2 Juli 2021 tentang Penginputan Data PNS di TAPERA (Tabungan Perumahan Rakyat). Dimana pada Selasa, 6 Juli 2021, Dinas tersebut langsung berinisiatif mengadakan bimbingan teknis (bimtek) penginputan data dimaksud kepada PNS dilingkungannya.

Demi memenuhi protokol kesehatan covid-19, pelaksanaan bimtek hanya diikuti pejabat struktural dan perwakilan PNS dari tiap seksi serta beberapa tenaga operator pada Dinas P2KB Prov. Sulteng. Materi bimtek lebih difokuskan pada penginputan/pemutakhiran data  PNS dalam sistim manajemen data yang dikelola BP. Tapera, sitara.tapera.go.id. Sementara untuk hal yang bersifat regulasi operasional umum Tapera atau yang berkaitan dengan manfaat serta hak dan kewajiban PNS dalam Tapera disampaikan melalui materi tertulis yang disebarluaskan bersumber dari BP. Tapera.

Fokus pada pendampingan dan penyampaian tata cara penginputan data PNS dalam Tapera karena hal tersebut sangat perlu dilakukan sesegera mungkin. Mengingat waktu yang sangat pendek (akhir Juli 2021) serta mengantisipasi segera diberlakukannya kembali penghimpunan dana Tapera dari para PNS (menunggu PP/Permenkeu). Juga sebagai bahan dan data BP. Tapera dalam menyalurkan dana Tapera kembali kepada PNS baik disaat pensiun atau berupa fasilitas kredit perumahan.

Sebagai informasi, untuk kemudahan proses penginputan/pemutakhiran data  PNS pada sistim manajemen data yang dikelola BP. Tapera, sitara.tapera.go.id (pada fitur PESERTA) sebaiknya disiapkan : alamat email yang aktif dari PNS, KTP/KK, dan Nomor Rekening Tabungan (tidak harus rekening gaji). Selanjutnya untuk materi terkait BP. TAPERA dapat diunduh pada file dibawah ini.

Reaksi cepat Dinas P2KB tersebut tentu sangat bermanfaat. Tidak saja bagi para PNS diinternalnya dalam menginput data ke Tapera. Tapi juga membantu BKD Prov. Sulteng dalam mensosialisasikan dan memfasilitasi aktifitas BP. Tapera. Salut dan patut diacungi jempol !!! Semoga bermanfaat.