Pelaksanaan Job Fit Jabatan Tinggi Pratama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso

Pemerintah Kabupaten Poso melalui UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulteng melaksanakan Job Fit JPT Pratama, yang berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 14 Juli sampai dengan 15 Juli 2021 sedangkan pemaparan hasil assessment pada tanggal 18 Juli 2021, bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Poso.

Mengawali asesmen Job Fit Pemerintah Kabupaten Poso, dibuka dengan arahan Kepala UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulawesi Tengah Rachman Yape, S.Psi., M.Psi., Psikolog, bahwa sesuai dengan  amanat Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 117  yakni (1)  Jabatan Pimpinan Tinggi hanya dapat diduduki paling lama 5 (lima) tahun. (2) Jabatan Pimpinan Tinggi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian dan berkoordinasi dengan KASN. Lebih lanjut dengan penempatan pejabat sesuai dengan potensi dan kompetensinya diharapkan dapat mewujudkan Visi Poso Menjadi Kabupaten Maju, Tangguh dan Terdepan di Sulawesi Tengah Tahun 2025.

Job Fit JPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Poso diikuti 25 (dua puluh lima) pejabat dari 27 (dua puluh tujuh) JPT Pratama yang direkomendasikan.  Dua pejabat  yang tidak hadir dikarenakan yang bersangkutan memasuki masa pensiun.  Job Fit ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan regulasi dan arahan satgas Covid-19 Pemkab Poso dan terbagi menjadi 2 (dua) batch. Batch pertama berjumlah 11 orang sedangkan hari kedua 12 orang. Tim Asesor dan peserta terlebih dahulu dilakukan rapid anti gen, dari hasil pemeriksaan terdapat 2 (dua) peserta yang tekonfirmasi reaktif sehingga yang bersangkutan mengikuti assessment secara online.

Bupati Poso memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulawesi Tengah yang telah bekerja secara profesional dalam pelaksanaan Job Fit JPT Pratama Pemerintah Kabupaten Poso. “Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Poso mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras Tim Asesor yang memberikan perspektif yang komprehensif terkait potensi dan kompetensi para pejabat JPT Pratama di lingkungan kami, semoga dengan kesesuaian antara potensi dan kompetensi pejabat dengan jabatan yang diduduki mampu mewujudkan Poso Pakaroso”. Ungkap dr. Verna setelah pemaparan hasil assessment (al)