RAKORNIS KEPEGAWAIAN SE-WILAYAH KERJA KANREG IV BKN MAKASSAR : Prov. Sulteng Terbaik Pertama Tingkat Provinsi Kategori Proses Kenaikan Pangkat (KP) Se-Kanreg IV BKN Makassar

Kanreg IV BKN Makassar pada 22-23 Juni 2022 menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kepegawaian. Rakornis yang diikuti oleh seluruh instansi pemda se-Wilayah Kerja Kanreg IV BKN Makassar ini berlangsung di Hotel Savoy Homan Kota Bandung. BKD Prov. Sulteng termasuk instansi yang mengikuti kegiatan tersebut. Hadir mewakili Kepala BKD Sulteng, Prihadi Saputro, S.Sos, M.Si, Kepala Bidang Mutasi BKD Prov. Sulteng.

Rapat yang membahas isu terkini manajemen kepegawaian nasional ini dibuka langsung Plt. Kepala BKN, Bima Aria Wibisana. Dalam sambutannya, Kepala BKN mempresentasikan kemungkinan model kerja birokrasi dimasa datang. Yang akan lebih banyak menggunakan teknologi dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Indikasinya adalah mulai diwacanakan dan dikaji kemungkinan penerapan pola kerja WFA (work from anywhere) atau kerja dari mana saja. Sebagai terobosan yang bisa menghubungkan dua sisi. Adanya kondisi lingkungan yang terkadang tidak mendukung untuk bekerja secara tradisional bekerja di kantor secara tatap muka, karena pandemi misalnya. Dengan eksistensi kemajuan serta penggunaan teknologi yang massif bahkan dikalangan birokrat sendiri.

Olehnya, perlu persiapan untuk mengelola dan menghadapi kondisi tersebut. Termasuk BKN harus segera mengantisipasi bahkan jika perlu menjadi pioner dalam implementasinya. Rekrutmen beberapa tahun terakhir yang sudah dilakukan via CAT bisa menjadi pelopor dan pendukung penyiapan model kerja masa depan. Karena rekrutmen itu melahirkan aparatur generasi milenial yang akrab dengan teknologi.

Selain urun rembug pengelolaan teknis administrasi kepegawaian, rakornis juga menyeleggarakan kontes kinerja. Yaitu pemberian penghargaan, semacam award, kepada instansi yang berkinerja baik dalam layanan teknis manajemen kepegawaian.

Suatu kebanggaan, dalam kontes tersebut, Prov. Sulteng meraih prestasi terbaik. Prov. Sulteng, melalui BKD Prov. Sulteng tentunya, dinyatakan sebagai Provinsi terbaik pertama Se-Wilayah Kerja Kanreg IV BKN Makassar dalam kategori Kenaikan Pangkat Tercepat, Tepat Waktu dan Akurat Data. Prestasi ini mengalahkan Prov. Sulsel (terbaik kedua) yang nota bene homebase dari Kanreg IV BKN Makassar.

Selanjutnya untuk tingkat Kabupaten/Kota Se-Prov. Sulteng, Kanreg IV BKN Makassar mengganjar Kab Banggai sebagai Peringkat I, Kab. Donggala Peringkat II dan Kota Palu Peringkat III. Masih dalam kategori yang sama, yaitu Kenaikan Pangkat Tercepat, Tepat Waktu dan Akurat Data.

Kepala BKD Prov. Sulteng, Asri, SH, M.Si, saat menerima penghargaan itu mengucapkan rasa syukur dan bangganya. Ini tentunya prestasi bersama seluruh pengelola kepegawaian. Bukan hanya BKD Sulteng. Tapi juga pengelola kepegawaian di OPD lingkup Prov. Sulteng. Karena input proses kenaikan pangkat bermula dari OPD. Dan prestasi ini juga buah tangan dari para pejabat bidang mutasi sebelumnya. Baik yang sudah mutasi maupun yang sudah pensiun. Jadi penghargaan ini adalah hasil dari kerja dan partisipasi kolektif berbagai pihak. BKD Prov. Sulteng wajib berterima kasih kepada semua pihak tersebut.

Semoga prestasi ini akan terus memotivasi aparatur khususnya pengelola kepegawaian di Prov. Sulteng bekerja lebih semangat, teliti dan tanpa pamrih.