RAPAT KOORDINASI NASIONAL KEPEGAWAIAN TAHUN 2022 : Bahas Birokrasi Dan Manajemen ASN Di Masa Depan dan Peluncuran Kartu ASN Virtual

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Kamis, 21 Juli 2022 lalu menyelenggarakan Rakornas Kepegawaian Tahun 2022. Gawean tahunan instansi pengelola manajemen kepegawaian nasional itu dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Batam Prov. Kepulauan Riau (Kepri). Rakornas terakhir, di Tahun 2021 dilaksanakan di Kota Denpasar Prov. Bali.

Rakornas Kepegawaian Tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Plt. Kepala BKN, Bima Haria Wibisana itu mengusung tema BIROKRASI DAN MANAJEMEN ASN DI MASA DEPAN. Demi memperluas partisipan, rakornas berjalan secara hybrid. Daring dan luring. Secara daring diikuti pejabat pengelola kepegawaian dari seluruh Indonesia dan disiarkan pula secara live melalui youtube. Sementara yang hadir langsung di rakornas umumnya adalah pejabat utama pengelola kepegawaian instansi pusat dan daerah se-Indonesia. Rapat berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Analis SDM Aparatur Ahli Muda BKD Prov. Sulteng, Tauhid Thalib, berkesempatan hadir langsung mengikuti rakornas. Sebagai perwakilan dari Pemda Prov. Sulteng.

Sekretaris KemenpanRB, partner BKN  mengelola ASN, Gubernur Kepri dan Wawali Batam berkesempatan hadir dan memberi sambutan pengantar saat pembukaan acara rakornas. Kedua pimpinan daerah setempat itu sangat bersyukur ditunjuknya Batam sebagai tempat pelaksanaan rakornas. Karena akan sangat membantu proses pemulihan ekonomi dan sosial budaya daerah pasca bencana covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Nasional Bima Haria Wibisana, saat membuka rakornas mengatakan bahwa pemilihan tema rakornas sejalan dengan perkembangan teknologi dan perubahan lingkungan yang sangat cepat. Sehingga birokrasi yang adaptif perlu dipercepat pembangunannya untuk mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Ia berharap melalui rakornas ini terbentuk kolaborasi yang kohesif dan sharing of knowledge terkait birokrasi dan manajemen ASN di masa depan. Karena “persamaan persepsi dalam implementasi manajemen ASN akan berdampak dalam pelayanan publik yang baik bagi masyarakat”. Untuk itu pembicara yang dihadirkan berasal dari elemen yang memiliki inisiatif maju terkait manajemen aparatur.

Menurut PNS yang telah beralih ke JF Analis Kebijakan Ahli Utama ini, perkembangan teknologi dan perubahan paradigma masyarakat dengan literasi digital yang tinggi serta kebutuhan perubahan birokrasi dan administrasi pemerintahan yang ramping dan ideal menuntut adanya penyusunan sistem kerja bagi pegawai agar semakin efisien dan efektif. “Tuntutan penyediaan layanan yang cepat, profesional, juga menjadi ekspektasi masyarakat. Birokrasi pemerintahan yang dikembangkan juga harus menjawab kebutuhan masyarakat,” katanya.

Sesuai tema yang diusung, sebagaimana disampaikan Kepala BKN, pembicara yang hadir berasal dari pihak atau lembaga yang mencerminkan dan mengunggah semangat untuk menjemput masa depan manajemen ASN Indonesia. Narasumber yang hadir di rakornas umumnya berasal dari korporasi. Pembicara dari pemerintahan hanya internal BKN dan MenpanRB. Pihak korporasi yang menyampaikan best practice sumber daya aparatur mereka adalah Bank Central Asia (BCA), PT. Grab Indonesia, dan PT. Pegadaian (persero). Untuk lebih lengkap memotivasi juga tampil motivator terkenal Ary Ginanjar Agustian founder ESQ Leadership Center. Materi rakornas dapat diunduh disini.

Rakornas berjalan penuh kegembiraan. Selain pemateri yang handal dan milenial dengan topik yang menarik juga dipengaruhi oleh host acara yang piawai membawa acara. Dalam hal ini komika nasional Akbar And Friend. Paham jika rakornas berlangsung di tanah melayu dengan tradisi pantun yang kental, sejak awal acara, Akbar memancing dengan pantun jenaka untuk menyegarkan suasana. Trik ini berhasil, dan seluruh jalannya acara pun dihujani dengan ragam pantun yang membuat rakornas seru dan mengasyikkan.

Saat rakornas, selain mendapatkan pencerahan ilmu dan motivasi, juga diselenggarakan 2 item acara yang menarik pula. Pengumuman instansi terbaik se-Indonesia dalam layanan manajemen kepegawaian pada berbagai kategori dan peluncuran kartu ASN virtual.

Pelaksanaan rakornas juga disemarakkan dengan hadirnya beberapa stand lokal maupun nasional dari berbagai instansi dan korporasi. Mereka menampilkan aneka ragam data dan informasi terkait manajemen ASN serta produk barang jasa yang terkait dengan ASN. Disertai dengan games dan hadiah yang menarik peserta untuk berkunjung.

Demikian sekelumit informasi dan gambaran dari pelaksanaan Rakornas Kepegawaian Tahun 2022. Tentu banyak hal yang bisa dipetik sebagai pengetahuan dan pengalaman. Seperti prediksi birokrasi dan manajemen ASN masa depan, model pengelolaan manajemen SDM korporasi, harapan publik akan ASN masa depan, pola teknis manajemen ASN masa depan oleh BKN, panduan prilaku ASN berAkhlak, termasuk juga model pelaksanaan rapat sejenis jika dilakukan di daerah.

Pendek kata, birokrasi dan manajemen ASN masa depan tetap ditentukan oleh pola dan sikap budaya kerja ASN saat ini. Perubahan kearah yang lebih baik dari ASN saat ini harus segera dimulai. Meminjam motivasi Ary Ginanjar saat di rakornas, Ayo Bos, Tobat Bos, Berubah Bos….Semoga bermanfaat. (TT)