Diisukan “JBJ”, RAKORNAS KEPEGAWAIAN 2022 Ganjar Prov. Sulteng 2 Penghargaan Manajemen ASN Terbaik Se-Indonesia : (BKN AWARD 2022)

Gawean tahunan instansi pengelola manajemen kepegawaian nasional telah dilaksanakan di Kota Batam Prov. Kepulauan Riau (Kepri). Pada Kamis, 21 Juli 2022 lalu. Rakornas Kepegawaian kali ini mengusung tema Birokrasi Dan Manajemen ASN Di Masa Depan. Rakornas berjalan secara hybrid. Daring dan luring. Secara daring diikuti pejabat pengelola kepegawaian dari seluruh Indonesia melalui aplikasi zoom metting dan disiarkan pula secara live melalui youtube. Rapat berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Saat rakornas, peserta mendapatkan distribusi ilmu pengetahuan pengalaman dan motivasi. Narasumber yang hadir di rakornas umumnya berasal dari korporasi. Korporasi harus diakui memang lebih cepat dalam merespon perubahan. Pembicara dari pemerintahan hanya internal BKN dan MenpanRB. Pihak korporasi yang menyampaikan best practice pengelolaan sumber daya aparatur mereka adalah Bank Central Asia (BCA), PT. Grab Indonesia, dan PT. Pegadaian (persero). Tampil juga motivator handal Ary Ginanjar Agustian founder ESQ Leadership Center.

Selain itu juga diselenggarakan 2 item acara yang menarik. Pengumuman instansi terbaik se-Indonesia dalam layanan manajemen kepegawaian pada berbagai kategori dan peluncuran kartu ASN virtual.

Prov. Sulteng berbangga dalam perhelaan Rakornas kali ini. BKN, selaku instansi teknis pembinaan manajemen ASN nasional mengakui kinerja Prov. Sulteng melalui BKD Prov. Sulteng dalam manajemen ASN. Prov. Sulteng memborong sekaligus 2 penghargaan terbaik Se-Indonesia. Terbaik 2 Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian dan Terbaik 3 Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi Dan CAT.

Prestasi ini merupakan sejarah baru bagi BKD Prov. Sulteng. Baru kali ini Prov. Sulteng mencapai hasil demikian. Menembus papan atas terbaik Se-Indonesia bahkan langsung dalam dua kategori. Ini didapatkan ditengah isu jual beli jabatan yang mendera Prov. Sulteng. Adanya prestasi ini, dan diberikan oleh instansi yang berkompeten membuat isu JBJ itu sumir untuk diarahkan ke BKD Prov. Sulteng. Perlu kaji ulang jika dugaan itu diarahkan ke BKD Prov. Sulteng.

Apapun itu, penghargaan yang didapatkan dari Rakornas Kepegawaian Tahun 2022 ini perlu disyukuri dan menjadi pijakan baru untuk kreasi, inovasi dan prestasi yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat. (TT)