Awal Tahun, Korpri Sulteng Gelar Rakor Tahun 2023 di Kolonodale Kab. Morowali Utara

Bertempat di salah satu hotel di Kota Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara (Morut) Korpri Sulteng pada 23 Februari 2023 menggelar acara Rapat Koordinasi Tahun 2023. Agenda rutin tahunan Korpri Sulteng kali ini mengambil tema “Korpri Sulteng : Koordinasi, Komunikasi dan Integrasi Untuk Percepatan Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”.

Secara spesifik, rakor dimaksudkan sebagai media menghimpun data dan informasi aktifitas kekorprian di Sulawesi Tengah,  menghimpun saran dan usulan aktifitas kekorprian di Sulawesi Tengah yang bisa dikolaborasikan antar jenjang organisasi Korpri, mengkoordinasikan program kerja Korpri Sulteng yang sudah dan akan dilaksanakan yang melibatkan Korpri di Sulteng, dan sekaligus wahana silaturrahim insan Korpri Sulawesi Tengah.

Merujuk maksud tersebut, maka peserta Rakor Korpri Sulteng Tahun 2023 tidak saja berasal dari pengurus dan pengelola Korpri Sulteng, di DPP dan OPD. Tapi juga diikuti oleh Korpri Kab/Kota dan instansi vertical di Sulteng. Dari Kab/Kota Se Sulteng hanya Kab. Banggai dan Balut yang tidak mengirim utusan.

Rakor yang lokasinya bergilir di Kab/Kota Se Sulteng ini dibuka Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Kepala BPSDM Prov. Sulteng, Dr. Adidjoyo Dauda, M.Si. Dalam sambutannya, Gubernur berharap agar program kegiatan yang dirancang dapat mengakomodir aspirasi peserta dalam rangka meningkatkan kelembagaan Korpri di Sulawesi Tengah yang solid dan modern, serta menyentuh kesejahteraan dan profesionalisme ASN yang jadi anggotanya.

Juga yang tak kalah urgen, ditambahkannya, adalah bagaimana supaya visi misi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju dapat diserap dan ditautkan dalam substansi program-program kerja Korpri Sulteng ke depan ini.

DPP Korpri Sulteng, selaku penyelenggara, turun full team dalam Rakor tersebut. Ketua, Dr. Zubair, M.Si, dan Sekretaris, Drs. Irvan Aryanto, M.Si, hadir dan memimpin langsung jalannya Rakor. Didampingi salah satu unsur Ketua Bidang, Drs. Abdul Raaf Malik, M.Si. Rakor didukung pula oleh Pemda setempat. Sekab Morut, Ir. Musda Guntur, MM, yang juga Ketua Korpri Kab. Morut, hadir dan turut memberikan sambutan selamat datang sekaligus menyapaikan ide-ide bagi pengembangan Korpri Sulteng di masa datang.

Rakor yang pelaksanaannya sepenuhnya dibiayai oleh iuran Korpri Sulteng pada DPP Korpri Sulteng ini berlangsung dinamis dan menghasilkan kesepakatan baik yang bersifat internal maupun eksternal untuk dilaksanakan oleh Korpri Sulteng. Beberapa diantaranya akan langsung diterapkan dan beberapa lainnya masih perlu kajian atau pembahasan lanjutan.

Diantaranya adalah :

  1. Kepada Pemkab Parigi Moutong agar segera melaksanakan Muskab dan memperbarui DPK Korpri Parimo. Dari 13 Kab/Kota di Sulteng, tinggal Kab. Parimo yang belum mengupdate kepengurusan.
  2. DPP Korpri Sulteng akan menerbitkan surat keputusan atau edaran terkait pengurus Korpri Unit (OPD) lingkup Prov. Sulteng.
  3. Pada pelaksanaan kegiatan Korpri Nasional (Pornas dan MTQ) akan melibatkan atlit dan qori/qoriah dari instansi Kab/Kota dan vertical sepanjang pembiayaan memungkinkan.
  4. Akan dikaji bahwa iuran Korpri bersifat sukarela. Dengan resiko tidak diberikan layanan kekorprian kepada bersangkutan.
  5. Penyediaan sarpras Korpri Sulteng (pembangunan secretariat berikut alat kerja, meubelair, kendaraan operasional, dll, pengadaan mobil jenasah baru, dan lain sebagainya yang relevan dan perlu) diberikan kewenangan kepada DPP Korpri Sulteng untuk mengatur dan mengelolanya menggunakan dana iuran Korpri Sulteng sesuai kemampuan keuangan dan kewajaran harga.
  6. Pelaksanaan HUT Korpri dan Rapat Kerja Korpri Sulteng Tahun 2023 di Kota Buol pada bulan November 2023.
  7. Rapat Koordinasi (Rakor) Korpri Sulteng 2024 akan dilaksanakan di Kab. Tojo Unauna pada awal tahun 2024.

Semoga kesepakatan Rakor Korpri Sulteng 2023 di Kolonodale bisa segera ditindaklanjuti dan dengan begitu eksistensi dan dinamisasi organisasi Korpri Sulteng terus terjaga. Korpri Maju Terus. TT