Pornas XVI Korpri 2023 ; Gateball Sulteng Sabet Medali Emas

Kontingen Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Sulawesi Tengah berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga Gateball di ajang Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XVI Korpri tahun 2023 yang diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 14 hingga 21 Juli 2023.

Hal ini diungkapkan Ketua Korpri Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Zubair,S.Sos,M.Si, usai menyaksikan langsung pertandingan gateball di Semarang, pada Kamis sore (20/7). Turut mendampingi di arena gateball Lapangan Tri Lomba Juang Semarang, Waket Bapor Korpri Sulteng, Dr. Irwan, M.Si.

Regu Gateball Sulteng, yg dipimpin Ir. Asbudianto, M.Si, dan coach Agus Riyanto, yang keduanya merupakan atlet gateball nasional, berhasil mengalahkan kontingen Sulawesi Tenggara dengan skor 17-8 dan meraih medali emas.

“Alhamdulillah, Provinsi Sulawesi Tengah berhasil meraih medali emas dan menempati posisi 15 besar dari 38 provinsi dan 102 Kementerian/Lembaga yang berpartisipasi,”terangnya.

Prestasi ini menegaskan bahwa Korpri Sulteng telah berhasil mempertahankan tradisi meraih medali dalam ajang Pornas. Terbukti, pada Pornas XVI tahun 2023 di Semarang, tim Korpri Sulteng berhasil meraih medali emas pada cabang gateball, kategori beregu campuran, setelah menang dengan skor telak 17-8 pada laga derby Celebes di final melawan tim gateball dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menilik dr 2 Pornas sebelumnya, dapatlah diklaim prestasi ini meningkat signifikan. Di Jogya pd Pornas XIV 2017, Sulteng meraih 1 perunggu dr cabor tenis lapangan nomor ganda campuran. Kemudian pd Pornas XV 2019 di Prov. Kep. Bangka Belitung meraih 1 perak masih dr cabor ganda campuran tenis lapangan.

“Semoga pada ajang Pornas berikutnya, Korpri Sulteng bisa semakin meningkatkan prestasinya,”harapnya.

Atas keberhasilan ini, Ketua Korpri Dr. Zubair,S.Sos,M.Si mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, khususnya kepada Gubernur H.Rusdy Mastura dan Wagub Drs.H.Ma’mun Amir.

“Pornas Korpri bukan hanya sebagai momen untuk merayakan semangat olahraga, tetapi juga sebagai platform penting untuk memupuk semangat kebersamaan dan persatuan di antara ASN dari berbagai instansi dan wilayah di Indonesia,”pungkasnya.