Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kepegawaian Sulteng Tahun 2019 “Transformasi Manajemen Kepegawaian Menuju Birokrasi yang Bersih dan Beretika”

Agenda rutin tahunan bidang pengelolaan kepegawaian di Sulawesi Tengah “Rapat Koordinasi Teknis Kepegawaian (Rakornis) kembali dilaksanakan. Ajang pertemuan pejabat dan pengelola kepegawaian se Sulteng kali ini dilaksanakan di Kota Poso pada Kamis, 25 April 2019. Kali ini bertindak sebagai tuan rumah Badan Kepegawaian dan Pengmbangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Poso.

Dimulai sejak 2014, perhelatan Rakornis ini adalah yang keenam kalinya. Tahun lalu, Rakornis Kepegawaian Sulteng dilaksanakan di Kota Ampana Kab. Tojo Unauna. Kegiatan ini dilaksanakan secara tandem. Oleh BKD Prov. Sulteng dan BKD/BKPSDM Kabupaten/Kota di Sulteng yang bersedia melaksanakannya sebagai tuan rumah. BKD Prov. Sulteng mengambil porsi penyediaan narasumber berikut pembiayaannya sedang BKPSDM tuan rumah menangani tempat dan prosesi pelaksanaannya. Berdasar catatan yang ada, sepanjang Rakornis dilaksanakan, selalu diantusiasi oleh BKPSDM Kab/Kota se Sulteng. Termasuk di Poso kali ini. Pejabat pengelola kepegawaian dari seluruh Kab/Kota Sulteng hadir mengikuti kegiatan.

Rakornis dibuka langsung oleh Bupati Poso, Darmin Sigilipu. Turut hadir dalam acara pembukaan para pejabat utama Pemkab Poso dan unsur Forkopimda Kab. Poso. Seluruh instansi pengelola kepegawaian dari Kab/Kota (BKPSDM) se Sulteng datang mengikuti acara Rakornis Kepegawaian 2019. Dari 13 Kab/Kota, 6 diantaranya langsung diikuti oleh Kepala BKPSDM bersangkutan (Donggala, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una Una, Buol, dan Toli Toli). Sedang lainnya mengutus pejabat struktural eselon III (Sekretaris atau Kepala Bidang).

BKD Prov. Sulteng dalam Rakornis tersebut menghadirkan dua pemateri dari instansi pusat yang menangani pengelolaan kebijakan aparatur (Kemenpan RB) dan teknis kepegawaian (BKN) nasional. Keduanya mempresentasekan materi yang terkait dengan tema rakornis “Transformasi Manajemen Kepegawaian Menuju Birokrasi yang Bersih dan Beretika”. Dua narasumber tersebut adalah :

  • Jatmiko, S.Sos (BKN) membawakan materi Sosialisasi Kebijakan Pembinaan Integritas, Penegakan Disiplin ASN dan Tindak Lanjut Penanganan Kejahatan Jabatan (TIPIKOR).
  • Widaryati Hestiasih, S.Kom (Kemenpan RB) dengan materi Sosialisasi PP. Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebagaimana pada setiap rakornis sebelumnya, dalam Rakornis Kepegawaian 2019 di Poso ini juga disepakati beberapa hal yang direkomendasikan untuk dilaksanakan oleh seluruh instansi pengelola kepegawaian di Sulteng. Termasuk penyelenggaraan rekornis di Tahun 2020 akan datang. Berikut rekomendasi Rakornis Poso, yang dalam perumusannya dipandu langsung oleh Kepala BKD Prov. Sulteng, Asri, SH, M.Si., :

  1. Mendorong implementasi aplikasi e-kinerja bekerjasama dengan BKN sebagai dasar penilaian kinerja pegawai
  2. Melaporkan impelementasi kemenpan sigakdis, pemerintah kabupaten/kota memberikan tembusannya kepada pemerintah provinsi (Gubernur) cq. Badan Kepegawaian Daerah
  3. Percepatan penyelesaian pemetaan jabatan pelaksana sesuai dengan Permenpan Nomor 41 Tahun 2018 bagi daerah yang belum melaksanakan
  4. Tempat pelaksanaan rapat koordinasi teknis kepegawaian Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 di Kabupaten Banggai Laut.

Berbeda dengan rakornis sebelumnya, di Rakornis Poso, kesepakatan atas rekomendasi Rakornis tidak disahkan/ditandatangani di tempat Rakornis. Tapi di salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Poso. Yakni di Kawasan Wisata Siuri. Masih bagian dari areal Danau Tentena. Suatu trik yang jitu dari panitia penyelenggara sehingga Rakornis kali ini sangat berkesan dan berbeda dibanding pelaksanaan rakornis sebelumnya. Terima kasih dan apresiasi tak terhingga kepada seluruh keluarga besar BKPSDM Kab. Poso.