Ujian Penyesuaian Ijazah Prov. Sulteng Tahun 2019

Bekerja sama dengan UPT BKN Palu, yang kini berkantor di salah satu bangunan milik Pemkab Donggala di Jl. Bantilan Palu, BKD Prov. Sulteng melaksanakan kegiatan Ujian Penyesuaian Ijazah Tahun 2019. Kerjasama dilakukan, selain karena Ujian PI, secara formal dan untuk menjaga indepedensi, diawasi dan difasilitasi oleh BKN juga karena ujian kali ini tetap menggunakan system CAT (computer assited test) seperti tahun 2018 lalu.

Pada tahun lalu, penggunaan sistem CAT hanya diberlakukan untuk penyesuaian ke jenjang Diploma dan Sarjana sedang jenjang SMA masih menggunakan lembaran soal manual (kertas). Untuk tahun ini penggunaan CAT diberlakukan kepada semua jenjang tanpa kecuali.

Jumlah peserta Ujian PI kali ini sebanyak 334 terdiri atas 171 PNS Pria dan 163 PNS Wanita, secara detail sesuai tabel dibawah ini :

Peserta ujian CAT kali ini, sebagian diantaranya adalah PNS yang melaksanakan tugas sebagai pengajar di SMA/SMK tapi belum diangkat dalam jabatan Guru karena masih bergolongan II. Juga para PNS peralihan dari Kab/Kota (UU. 23/2014 Ttg Pemda) selain tentunya PNS eksisting lingkup Prov. Sulteng.

Selain ujian menggunakan sistem CAT, para peserta juga wajib mengikuti sesi wawancara di Kantor BKD Sulteng. Pewawancara adalah para pejabat struktural lingkup BKD Prov. Sulteng. Semoga pelaksanaan Ujian PI kali ini mampu menghasilkan PNS yang bisa mendukung percepatan terwujudnya Sulteng Maju Mandiri dan Berdaya Saing di 2021.