Pekan Olah Raga Nasional KORPRI XV Tahun 2019 (Pornas KORPRI)

Pekan olah raga nasional korps pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) Ke XV Tahun 2019 kembali akan dilaksanakan. Tahun ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan bertindak selaku tuan rumah. Gelaran Pornas Korpri sebelumnya dihelat di Kota Jogyakarta pada tahun 2017.

Demi mempersiapkan pelaksanaan Pornas Korpri, pada 19 – 20 September 2019 lalu dilaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pornas Korpri. Berlangsung di Sekretariat DPP Korpri Nasional, Gedung Bapeten Jakarta. Rapat dipandu oleh Sekjen Badan Pembina Olah Raga Korpri (Bapor Korpri) dan Pemda Prov. Kep. Babel.

Pelaksanaan kegiatan Pornas Korpri ke XV akan dipusatkan di Kota Pangkalpinang, ibukota dari Prov. Kep. Babel. Prov. Kep. Babel terdiri atas dua pulau besar utama, Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Kota Pangkalpinang berada di Pulau Bangka. Pulau Bangka terkenal sebagai penghasil utama material Timah di Indonesia. Sedang Pulau Belitung terkenal dengan kisah novel “Laskar Pelangi”.

Cabang olah raga yang akan dipertandingkan dalam Pornas kali ini adalah : Bola Voli, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bulutangkis, Catur, Senam Bugar Korpri, Futsal dan Lari Marathon 10 KM. Even 2 tahunan ini akan diselenggarakan mulai 10 – 18 Nopember 2019. Dalam rakernis juga disampaikan penjelasan terkait proses pendaftaran menggunakan aplikasi yang disiapkan oleh pemda Kep. Babel.

Ketua Dewan Pengurus Provinsi Korpri Sulawesi Tengah, Dra. Hj. Derry B. Djanggola, M.Si, berkesempatan hadir mengikuti acara Rekernis. Beliau didampingi Purwoko, S.Sos, Kepala Bidang Pengadaan, Penghargaan dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKD Sulteng. Urusan kekorprian di Sulteng memang dilekatkan pada Bidang PPIK BKD Sulteng.

Rencananya, Korpri Sulteng akan mengikuti 5 cabor yakni, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Bulutangkis, Futsal dan Lari Marathon 10 KM. Selain mengirim atlit dari para PNS lingkup Prov. Sulteng ataupun daerah Kab/Kota, diharapkan para petinggi atau pejabat VVIP Sulteng seperti Gubernur, Wakil Gubernur, Sekprov dapat berpartisipasi dalam kelas eksekutif yang akan dipersiapkan pada cabor tertentu nantinya.

Pada Pornas Korpri di Jogyakarta 2017 lalu, Sulteng berhasil meraih medali perunggu pada cabor Tenis Lapangan nomor perseorangan Ganda Campuran. Semoga pada Pornas Korpri Ke XV Tahun 2019 di Kep. Babel nanti atlit Pornas Korpri Sulteng bisa memberikan permainan terbaiknya dan berhasil meraih prestasi.