PORNAS XV KORPRI 2019 RESMI DITUTUP

Menpora Zainudin Amali didampingi Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah dan Ketua Umum Korpri Nasional Zudan Arif Fakhrulloh menutup Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XV Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2019 di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Senin 18 November 2019. Prosesi penutupan ditandai dengan  penurunan bendera Korpri  dan penyerahan pataka. Penyerahan petaka dilakukan oleh Wagub Bangka Belitung yang kemudian diserahkan kepada Ketum Korpri. Selanjutnya, Ketum Korpri memberikan kepada Perwakilan Kalimantan Tengah. Kalimantan Tengah merupakan tuan rumah Pornas  Korpri yang ke-16 tahun 2021.

Pemerintah dalam hal ini Kemenpora  mengapresiasi pengurus Korpri yang sudah secara rutin terus-menerus mengelar Pornas Korpri. “Pemerintah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Korpri atas upaya yang secara terus menerus melaksanakan kegiatan olahraga dua tahunan ini. Sekarang ini Pornas Korpri sudah yang kelima belas,” ujar Menpora. “Terus terang, Kemenpora tidak bisa berjalan sendiri untuk membangun olahraga di Indonesia. Kita memang perlu dukungan lembaga dan instansi lain untuk bersama-sama membangun olahraga di Indonesia.  Saya mendukung eksistensi Korpri dalam memberikan kontribusi positif untuk pembangunan bangsa baik sekarang dan dimasa yang akan datang melalui Pornas Korpri ini,” tambahnya. 

Pada Pornas kali ini, Provinsi Jawa Barat, meraih juara umum dengan  perolehan medali, tujuh emas, dua perak, dan delapan perunggu. Sementara, Provinsi Jawa Tmur menduduki peringkat kedua, dengan perolehan lima emas, lima perak dan tujuh perunggu. Juara ketiga diraih Kementerian Pemuda dan Olahraga  dengan perolehan lima emas, tiga perak, dan dua perunggu.

Sementara itu, Kontingen Sulawesi Tengah menyabet 1 medali perak yaitu dari cabang olahraga (cabor) Tenis lapangan ganda campuran. Raihan tersebut melampaui raihan sebelumnya pada Pornas XIV di Jogjakarta dimana pada saat itu Kontingen Sulawesi Tengah hanya mampu menyabet 1 buah perunggu. Dari 9 cabor yang dipertandingkan pada Pornas kali ini, kontingen Sulteng mengikuti 5 cabor, yaitu Tenis Meja, Gateball, Futsal, Lari Marathon 10 K, dan Tenis Lapangan. Pada cabor Tenis Meja Sulteng menurunkan Atlet dari Kabupaten Poso dan Donggala dengan hasil akhir harus kandas di babak penyisihan grup. Untuk cabor Gateball diikuti oleh atlit dari Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Prov. Sulteng yang juga harus gugur di penyisihan grup. Sementara cabor Futsal bermateri atlit Alumni STPDN dengan raihan mencapai Perdelapan Final, harus kandas dalam laga melawan Kalimantan Timur. Pada cabor Lari Marathon 10 K dilakoni oleh Atlit dari Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Prov. Sulteng yang berhasil mendapatkan medali Finisher 30 besar. Sedang pada cabor Tenis Lapangan Sulteng diwakili oleh atlit dari Pemda Prov Sulteng, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Tolitoli, pada cabor inilah atlet Ganda Campuran Ridwan Thayeb dan Indriany menembus babak Final, meskipun harus kalah dalam pertandingan All Sulawesi Final melawan tim Sulawesi Selatan.

Akhir kata Kontingen Sulawesi Tengah, Seluruh Atlet, Official, serta tim dan kontributor jaringan informasi Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan, kerjasama, dan doa dari seluruh pihak tanpa terkecuali dan masyarakat pada umumnya, serta mohon maaf atas salah dan khilaf yang terjadi selama perhelatan Pornas XV Korpri dilangsungkan.