Telah Terbit : BULETIN KEPEGAWAIAN EDISI 8 – AGUSTUS 2020

ALHAMDULILLAH, adalah suatu kesyukuran tak terhingga, Buletin Kepegawaian edisi ke-8 Tahun 2020 ini bisa tersusun dan hadir di kalangan aparatur pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Betapa tidak, penyusunan buletin ini dilakukan dalam kondisi yang tidak biasa. Disaat merebaknya secara global, termasuk Sulteng, wabah virus corona yang bernama lengkap Corona Virus Disease 2019 atau disingkat Covid-19. Virus ini menimbulkan penyakit mirip flu tapi bisa memburuk hingga sesak napas dan berakhir dengan kematian. Penyebaran atau penularannya begitu cepat antar manusia sehingga diambil kebijakan jaga jarak antar orang hingga pembatasan aktifitas sosial masyarakat selain mengintesifkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Pembatasan aktifitas sosial saat merebaknya Covid-19 ini juga berimbas pada ritme/jam kerja pemerintahan, termasuk Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (BKD Sulteng), penerbit buletin ini. Oleh karena itu, dapatlah dibayangkan betapa menantangnya penyusunan buletin kepegawaian kali ini.

Media yang yang digagas sejak 2013 ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terkait manajemen kepegawaian. Baik lingkup daerah maupun nasional. Berisikan kegiatan atau performa internal BKD dalam berbagai layanan tugas dan fungsi. Juga ditampilkan profil atau keadaan kepegawaian terkini lingkup Sulteng dalam berbagai perspektif. Serta berbagai hal lainnya yang bernada informasi maupun analisa termasuk pula sebagai wadah pengumpulan angka kredit bagi pejabat fungsional. Mengemban misi tersebut, maka sudah menjadi tekad tim untuk menghadirkannya secara reguler tiap tahun.

Sudah disampaikan diatas, bahwa buletin ini disiapkan dalam situasi tidak normal, terjadinya bencana non alam Covid-19. Walau akhirnya bisa tersusun, dengan segala kelemahan dan kekurangannya, setidaknya ada beberapa faktor yang mendukung. Tanpa bermaksud jumawa, saat bencana alam gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Palu September 2018 lalu, pengelola juga sedang mempersiapkan buletin edisi 2019. Edisi 2019 tetap bisa terbit. Pengalaman itulah yang diterapkan saat menyiapkan buletin edisi 8 ini.


Faktor pendukung lainnya adalah rancang bangun buletin ini sendiri. Sejak 2018, Buletin Kepegawaian dihadirkan dengan format rubrikasi. Semua artikel, informasi, berita atau tulisan kajian dan data dikelompokkan dalam rubrik-rubrik tersebut. Desain ini ternyata membantu proses penyusunan dan pencetakan buletin, termasuk disaat krisis. Penghimpunan artikel menjadi relatif mudah, karena kontributor bisa lebih cepat menetapkan tema tulisannya. Layout fisik buletin juga bisa dilakukan secara cepat. Olehnya, model rubrikasi pada edisi ini tetap diteruskan.

Hal berikut yang juga tidak kalah penting adalah tetap mengalirnya tulisan dalam berbagai model artikel dari penulis di kalangan PNS Prov. Sulteng. Berharap atau hanya mengandalkan kontributor internal, tidak ada keyakinan buletin ini akan mewujud. Sumbangsih para PNS tersebut menjadi semacam vitamin menaikkan imunitas penerbit dalam menghalau rasa pesimis dan khawatir akankah buletin tersaji disaat Covid-19 merajalela. Untuk ini, pengelola tentu sangat berterima kasih. Semoga partisipasi ini akan tercatat sebagai amal jariah diakhirat kelak.

Tentu masih ada faktor lain yang memungkinkan buletin ini tercipta walau disaat krisis pandemik global Covid-19. Seperti dukungan pimpinan yang tidak pernah surut memotivasi dan tentunya kekompakan dan kesediaan tim pengelola (redaksi) yang secara intens terus berdiskusi memikirkan jalan keluar bagi upaya penyusunan buletin. Atas semua itu, kiranya Allah Swt akan membalasnya dengan kebaikan yang berlimpah ruah selama di dunia hingga di akhirat kelak.

Begitulah sekelumit sisi lain dari pembentukan buletin kali ini. Sebagai pembuka sebelum merambah isi buletin. Dan apapun kisah dan keadaan yang melingkupinya, haruslah menjadi pengalaman dan pembelajaran yang pasti berguna di masa depan. Untuk perbaikan atau sekedar input bagi ikhtiar lainnya. Sangat dipastikan adanya noktah dan hal tak pas pada buletin ini. Kiranya dapat dimaklumi dan diinformasikan kepada tim penyusun sebagai bahan masukan bagi penerbitan selanjutnya. Wassalam, semoga bermanfaat…

Download Buletin Kepegawaian Edisi 8 Tahun 2020