GUBERNUR KUKUHKAN PEJABAT SEMENTARA BUPATI DI 4 KABUPATEN SULAWESI TENGAH

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si melakukan pengukuhan Pejabat Sementara empat kabupaten di Sulteng yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yaitu Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Banggai Laut, dan Kabupaten Tojo Una-Una. Prosesi Pengukuhan Pejabat Sementara 4 Kabupaten tersebut dilaksanakan pada Sabtu (26/9/2020) bertempat di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Acara pengukuhan tersebut juga dilaksanakan secara virtual untuk disaksikan dan diikuti melalui video conference oleh Stakeholder di empat Kabupaten tempat para Pjs akan bertugas.

Plt Bupati yang dikukuhkan adalah Kepala Dinas Perhubungan Sisliandy, S.STP., M.Si sebagai Pjs Bupati Sigi, Kepala Biro Administrasi Wilayah Daerah dan Pemerintahan Drs. Arfan, M.Si, Pjs sebagai Bupati Poso, Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Abdul Haris Yotolembah, SH., M.Si sebagai Pjs Bupati Banggai Laut, dan Kepala Biro Otonomi Daerah Datu Pamusu Tombolotutu sebagai Pjs Bupati Touna.

Dasar hukum penunjukan Pjs dan Plt mengacu Pasal 65 dan 66 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Plt akan dijabat wakil gubernur dan wakil bupati/wakil walikota jika gubernur, bupati, dan wali kota berhalangan sementara. Sementara untuk Pjs dipilih jika kepala daerah dan wakil kepala daerah petahana maju kembali dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada). Hal ini berdampak pada kekosongan karena ada kewajiban untuk cuti sepanjang masa kampanye.

Dalam sambutannya pada prosesi pengukuhan tersebut Gubernur Longki Djanggola mengamanatkan kepada keempat Pjs Bupati agar melaksanakan dan mengawasi peneraspan disiplin protokol Covid-19 kepada masyarakat sesuai Edaran dan Peraturan Gubernur yang telah diterbitkan. Selain itu, Gubernur Longki Djanggola juga menekankan bahwa Pejabat Bupati Sementara bertanggungjawab dalam memfasilitasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil dalam konstelasi Pilkada yang akan berlangsung.