Prestasi Saat Pandemi : BKN Selenggarakan Webinar “Transformasi Tata Kelola Arsip Kepegawaian ASN Digital Menuju Era 4.0”

Seharian kemarin, Kamis, 15 Oktober 2020, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan seminar secara online (webinar) dengan tajuk “Transformasi Tata Kelola Arsip Kepegawaian ASN Digital Menuju Era 4.0. Acara tersebut dibuka langsung sekaligus sebagai pembicara kunci Kepala BKN, Bima Aria Wibisana. Selain beliau, juga ikut menjadi narasumber pengelola data dari pihak swasta dan BUMN. Yakni Bank BCA dan PT. Telkom. Keduanya dianggap berhasil melakukan transformasi pengelolaan arsip dari  manual ke digital. Tidak saja arsip kepegawaian tetapi seluruh manajemen operasional organisasi sudah menggunakan teknologi informasi.

Kepala BKN pada kesempatan tersebut memastikan bahwa digitalisasi tata kelola arsip kepegawaian menjadi hal yang mutlak dan tidak bisa dihindari. Efisiensi pengelolaan (tempat, SDM, biaya), kemudahan aksesibilitas para pihak, peningkatan kualitas layanan dan menjadi jalur terwujudnya big data dan satu data adalah hal positif yang menjadi dampak dari dilakukannya transformasi tersebut.

Pernyataan Kepala BKN diamini oleh salah satu Deputy BKN, Suharmen, yang menjabat Deputy Sistim Informasi Kepegawaian (SINKA) BKN dan menjadi pembicara terakhir. Menyahuti pernyataan Kepala BKN diatas, maka ke depan, BKN terus mengembangkan sistim kerja dari aplikasi Sistim Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Termasuk mengisinya dengan digitalisasi arsip kepegawaian. Dan mengintegrasikan dengan Sistim Informasi Kepegawaian (Simpeg) yang sudah ada di instansi. Dengan begitu, rencana agar SAPK menjadi aplikasi yang berbagi pakai secara optimal bisa segera terlaksana.

Webinar dengan partisipan yang mencapai 2500an peserta dari seluruh Indonesia ini diakhiri melalui closing statement yang disampaikan oleh Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf.