Vaksinasi Covid-19 di Prov. Sulteng Dimulakan

Pencanangan vaksinasi Covid-19 di Sulteng melalui penyuntikan vaksin Sinovac ke perwakilan pejabat daerah sukses dilakukan pada Kamis (14/1), di RS Undata. Dari kalangan birokrat atau PNS Prov. Sulteng, penerima suntikan pertama ialah Kadis Kesehatan dr. I Komang Adi Sujendra, Karo Hukum Dr. Yopie Morya Immanuel Patiro, SH, MH, dan Karo Ekonomi dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanto, SE, MM.

Suntikan juga diberikan ke Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs. Abdul Rakhman Baso, SH, Wakil Ketua DPRD H. Muharram Nurdin, S.Sos, M.Si, dan elemen kesehatan lainnya, seperti perwakilan dari IDI, PPNI dan IBI. Jumlah keseluruhan yang divaksin pada saat itu lebih dari 10 orang.

Kadis Kesehatan Prov. Sulteng melaporkan bahwa vaksinasi dibagi dalam dua gelombang. Gelombang satu dimulai dari Januari sampai April 2021 sementara Gelombang dua pada April 2021 sampai April 2022. Dalam jangka waktu itu, tenaga kesehatan (nakes) jadi prioritas yang didahulukan untuk divaksin pada termin satu dan dua. Termin satu, tambahnya, mencakup nakes di wilayah Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Poso. “Insya Allah Kita akan segera keluar dari pandemi,” singkat Kadis, yang meyakini vaksin akan sukses memupus Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sulteng melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. H. Moh. Faisal Mang, MM, menyatakan dukungan dan apresiasi atas pencanangan dan penyuntikan pertama tersebut. “Kami harap sukses pencanangan vaksin ini akan diikuti dengan pulihnya kepercayaan masyarakat terhadap upaya pemerintah mengatasi pandemi,” kata asisten. Ia juga meminta masyarakat tidak mudah mempercayai hoax dan turut mendukung program vaksinasi. Karena pemberian vaksin, tambah asisten, adalah salah satu strategi memutus transmisi virus dengan mewujudkan kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity). Apalagi pencegahan lewat vaksinasi tuturnya akan jauh lebih hemat daripada pengobatan.

“Diperkirakan sebanyak 2,5 juta kasus Covid-19 akan memerlukan perawatan di semua rumah sakit di Indonesia dengan prediksi jumlah kematian menyentuh angka 250 ribu,” asisten memaparkan dampak yang timbul jika tidak ada intervensi vaksin. Olehnya, lebih lanjut Ia meminta protokol kesehatan 3M tetap jadi prioritas karena vaksinasi ke penduduk ternyata butuh waktu dan proses yang tidak singkat. “Mesti melewati beberapa tahap dan prioritas penerima, baru setelah itu sampai kemasyarakat pada umumnya,” terangnya.

Semoga ikhtiar dan upaya yang dilakukan pemerintah terkait penanggulangan Covid-19 mendapat ridha dari Allah SWT dan mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

sumber : Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng