UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Prov. Sulteng Assessment Pegawai Kontrak Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Prov. Sulteng.

Tanpa berlama-lama, UPT Penkom BKD Prov. Sulteng langsung tancap gas melaksanakan tugas dan fungsinya (tusi) diawal Tahun 2021. Selama 2 hari, unit kerja yang sudah sering melaksanakan uji kompetensi bagi calon JPT di Sulteng ini melakukan kegiatan assessment bagi pegawai kontrak lingkup Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Prov. Sulteng.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan jumlah peserta 46 orang. Terbagi dalam 2 (dua) batch, bertempat di Aula BKD Provinsi Sulawesi Tengah pada Hari Kamis sampai dengan Jum’at dari tanggal 14 Januari sampai dengan 15 Januari 2021.

Sudah menjadi kebiasaan baru dimasa pandemi covid-19 ini, asessment dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Prov. Sulteng, Dra. Masdiah. Saat itu beliau menyampaikan bahwa hasil assessment ini nantinya dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan Manajemen SDM. Baik perekrutan, pembagian tugas dan pekerjaan, penempatan kerja dan pembinaan karyawan lainnya.

Diakui oleh Sekretaris DKIPS Prov. Sulteng bahwa metode assessment ini merupakan hal baru dan pertama kali dilaksanakan oleh OPDnya sebagai langkah objektif dalam melihat potensi dan kompetensi pegawai kontrak. Lebih lanjut Kasubbag Kepegawaian dan Umum DKIPS Prov. Sulteng, Reggy Harianto, S.Sos, saat menyampaikan arahan kepada peserta assessment bahwa uji potensi dan kompetensi ini bukanlah sebuah momok yang perlu ditakutkan, assessment ini sebenarnya adalah refleksi dari profil potensi dan kompetensi yang dimiliki peserta.

Rachman Yape, S.Psi., M.Psi., Psikolog, selaku nahkoda baru UPT Penkom BKD Prov. Sulteng, pelanjut Kepala UPT Penkom sebelumnya, Mohammad Fadhly, SH, M.Si,  yang  dipromosi pada 30 Desember 2020 lalu ke jabatan salah satu Kepala Bidang di BPSDM Prov. Sulteng, menutup acara pembukaan assessment dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas  Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah yang telah mempercayakan uji potensi dan kompetensi pegawai kontraknya kepada UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulawesi Tengah. “Semoga kerja sama ini tidak sampai disini saja tapi dapat dilanjutkan dimasa mendatang. Tidak hanya kegiatan assessment, namun bisa dalam bentuk kegiatan lainnya seperti coaching dan konseling bagi pegawai yang mengalami hambatan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya”.