Statistik PNS Prov. Sulteng 20 (2) : Perangkat Daerah Yang Didominasi Wanita

Sebagaimana telah dijadwalkan pada setiap akhir tahun, BKD Prov. Sulteng melakukan updating keadaan dan profil PNS di OPD lingkup Prov. Sulteng. Hasilnya kemudian didokumentasikan dalam bentuk Buku. Berjudul “Statistik PNS Provinsi Sulawesi Tengah 2020”. Profil PNS yang dirilis dalam buku tersebut menjadi final data keadaan PNS Prov. Sulteng pada tahun 2020.

Buku yang telah didistribusikan ke perangkat daerah Prov. Sulteng dan pihak terkait lainnya itu memuat profil PNS Prov. Sulteng berdasar : Jenis Kelamin, Jabatan ASN, Golongan Ruang, dan Jenjang Pendidikan. Juga diketengahkan data PNS Pemda Kab/Kota Se-Sulteng. Disayangkan, hingga proses cetak dimulai, terdapat 4 kabupaten yang tidak memasukan detail data keadaan PNS kabupaten bersangkutan. Padahal informasi permintaan data sudah disampaikan sejak Oktober 2020

Versi digital dari Buku Statistik PNS Provinsi Sulawesi Tengah 2020 bisa diunduh pada fitur PRODUK LAYANAN web ini. Selanjutnya secara bertahap, melalui artikel web ini, akan dipaparkan perspektif singkat dari profil data PNS Prov. Sulteng tersebut.

Perangkat Daerah Dengan PNS Wanita Dominan

Pada artikel sebelumnya telah disampaikan bahwa PNS Prov. Sulteng didominasi oleh para Kartini. Alias wanita. Dari 11.925 PNS Prov. Sulteng pada Tahun 2020 terkomposisi dalam 5.831 PNS Pria dan 6.094 PNS Wanita.

Lantas, untuk persebaran PNS tersebut berdasarkan unit kerja atau perangkat daerah di Prov. Sulteng dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel diatas memperlihatkan bahwa sekalipun PNS Wanita mayoritas tapi saat dirinci per OPD ternyata mereka hanya dominan di 16 OPD dari 50 perangkat daerah di Prov. Sulteng. Adapun di 34 OPD lainnya, PNS Pria masih lebih banyak dari PNS Wanita.

Demikian sekelumit gambaran statistic PNS Prov. Sulteng 2020 dari perspektif jenis kelamin. Semoga bermanfaat.