VAKSINASI COVID-19

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar vaksinasi Covid-19 bagi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Vaksinasi digelar di beberapa tempat salah satunya yaitu di Balai Pelatihan Kesehatan Dinkes Prov. Sulteng Jalan Moh. Yamin. Terdapat 4 tahapan yang harus dilalui ASN saat menjalani vaksinasi, yaitu pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah, verifikasi data diri masing-masing ASN, wawancara riwayat kesehatan, dan tahapan terakhir yaitu penyuntikan vaksinasi ke dalam tubuh ASN.

Vaksin sendiri adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi.Sejak pertama kali dikembangkan, vaksin telah dipercaya sebagai zat yang ampuh untuk melawan berbagai penyakit infeksi. Vaksinasi sejak dini juga terbukti telah mengurangi angka kematian hingga menghilangkan sejumlah virus mematikan seperti polio dan campak. Bicara soal vaksinasi, banyak masyarakat yang mengira hanya perlu dilakukan pada anak-anak. Padahal, vaksinasi juga penting didapatkan orang dewasa. Apalagi jika belum pernah mendapat vaksin sejak kecil. Seiring berlanjutnya usia, sistem antibodi pada tubuh orang dewasa juga menurun. Gaya hidup yang kurang sehat dan kondisi tubuh yang rentan terhadap penyakit kronis juga menjadi alasan perlunya vaksinasi saat dewasa.

ASN Badan Kepegawaian Daerah sendiri telah menjalani vaksinasi pada senin kemarin (22/8/21). Vaksinasi yang digelar di BAPELKES Prov. Sulteng tersebut menjadwalkan untuk 3 Instansi yaitu BKD Prov. Sulteng, Diskominfo Prov. Sulteng, dan KANWIL KEMENKUMHAM Sulawesi Tengah. Dengan pelaksanaan vaksinasi kepada ASN dan seluruh masyarakat diharapkan dapat segera menurunkan kurva penularan virus Covid-19, untuk itu mari kita dukung bersama segala upaya Pemerintah demi menuntaskan bencana wabah Covid-19, salah satunya yaitu dengan taat menjalani panggilan vaksin yang saat ini tengah berlangsung di seluruh Indonesia. (sgl)