Pengadaan ASN Prov. Sulteng Tahun 2021 Memasuki Tahap SKD

Proses pengadaan ASN lingkup Prov. Sulteng telah memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Ujian SKD yang diberlakukan kepada CPNS ini mulai berlangsung sejak Selasa, 28 September 2021 sampai dengan Sabtu, 2 Oktober 2021 bertempat di Gedung Media Center Untad Palu.

SKD tersebut adalah proses lanjutan dari seleksi administrasi yang telah berlangsung pada Juli – Agustus 2021. Sesuai data yang ada, untuk jenis CPNS, jumlah peserta yang berhak dan akan mengikuti SKD adalah sebanyak 2861 orang. Hasil ini adalah perasan dari 3051 orang pendaftar. Atau dengan kata lain, terdapat 190 orang gugur/TMS saat seleksi administrasi.

Untuk diketahui, pada 2021 ini, Prov. Sulteng mendapat kesempatan dari pemerintah pusat untuk merekrut pegawai baru. Baik jenis PNS maupun PPPK. Dan dalam berbagai jenis jabatan atau ketenagaan. Sebagaimana tabel berikut :

Khusus formasi PPPK Guru pelaksanaan seleksi menjadi tanggungjawab Kemendikbud berikut Dinas Dikbud Provinsi. Bahkan Dikbud Provinsi tidak hanya memfasilitasi perekrutan Guru SMA/SMK/SLB yang menjadi kewenangannya. Guru SD/SMP yang menjadi kewajiban Kab/Kota pelaksanaan seleksinya juga dibebankan kepada Dikbud Provinsi. Untuk Sulteng tentunya Dikbud Prov. Sulteng. Dan untuk seleksi kompetensi tahap pertama sudah berjalan pada 13 – 17 September 2021 berlangsung diseluruh Kab/Kota di Sulteng. Namun begitu, peserta ujian PPPK Guru yang dinyatakan lulus, pengangkatannya sebagai pegawai tetap dilakukan oleh BKD, dalam hal ini BKD Prov. Sulteng. Sedangkan untuk kategori CPNS dan PPPK Non Guru proses seleksi tetap dikelola dan menjadi tanggungjawab BKD Prov. Sulteng untuk menanganinya.

Pelaksanaan SKD, yang menggunakan sistem CAT, berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 secara ketat. Pelaksanaan ujian didesain sedemikian rupa hingga tidak terjadi kerumunan yang massif dan meminimalisir kontak fisik Bahkan kepada peserta diwajibkan melakukan rapid antigen dengan masa berlaku 1 x 24 jam.

Semoga pelaksanaan SKD bagi CPNS pada pengadaan ASN 2021 Prov. Sulteng berlangsung lancar dan menghasilkan ASN yang siap pakai dan berintegritas. (TT)