Rubrik Rehat : Utusan PKN Tkt II (PIM II) Prov. Sulteng Raih Terbaik V

Prov. Sulteng dalam pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (dulu beristilah PIM II) Tahun 2021 boleh berbangga. Salah satu utusannya berhasil menggondol prestasi istimewa dalam ajang diklat yang dikhususkan untuk para pejabat pimpinan tinggi (eselon II). Dialah Dr. Zubair, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Sulteng.

Doktor Ilmu Sosial pada bidang kajian utama Administrasi Publik jebolan Pascasarjana Untad Tahun 2020 itu meraih Prestasi Istimewa Peringkat V saat mengikuti PKN Tkt II Angkatan IX Tahun 2021. PKN tersebut diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada 24 Mei – 17 September 2021 di Makassar.

Saat mengikuti PKN, Dr. Zubair, mengimplementasikan proyek perubahan yang berbeda. Tidak dalam bentuk aplikasi atau sistim digitalisasi yang umumnya dicetuskan oleh peserta diklat demikian. Kadis PMD sejak akhir 2019 itu mengusung kebijakan berupa pembuatan unit kerja adhoc bernama Klinik Demam. Klinik Desa Maju dan Mandiri. Bertempat di Kantor PMD Prov. Sulteng.

Adanya klinik tersebut memudahkan pihak terkait pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa dalam mewujudkan desa maju dan mandiri. Desa yang masih terpencil, oleh infrastruktur dan teknologi, jelas dapat terbantu. Pendamping desa juga mendapat posko untuk sharing informasi. Pihak eksternal yang membutuhkan data dan informasi terkait desa juga memiliki kejelasan sumber yang akurat. Teknologi informasi memang sudah massif tersedia tapi pada beberapa kawasan pedesaan tidak dipungkiri masih terkendala. Olehnya Klinik Demam telah menjadi solusi  dan banyak pihak yang terbantu olehnya.

Selamat dan sukses kepada Dr. Zubair, S.Sos, M.Si,. Semoga capaian tersebut bernilai ibadah dan berkah membawa manfaat bagi pribadi, keluarga, lingkungan dan masyarakat Sulawesi Tengah.