Info Tapera 2022 : Progress PNS Yang Telah Melakukan Pemutakhiran Data Kepesertaan Tapera

Semenjak Mei 2021 lalu, seluruh PNS, utamanya yang telah menjadi peserta Bapertarum, diminta untuk melakukan pemutakhiran data melalui Portal Kepesertaan Tapera (sitara.tapera.go.id). Tapera (BP Tapera) sendiri merupakan lembaga baru yang menggantikan Bapertarum.

Berdasarkan Surat BP Tapera Nomor 13/S/BP-TPR/II/2/2022 Tanggal 25 Februari 2022, menginformasikan bahwa jumlah PNS seluruh Indonesia yang telah melakukan pemutakhiran data melalui Portal Kepesertaan Tapera (sitara.tapera.go.id) masih sangat minim. Bahkan belum sepertiga dari total peserta aktif yang tercatat dalam database Tapera.

Berikut data dimaksud :

Jumlah Peserta Aktif (PNS)Telah Melakukan Pemutakhiran % Belum Melakukan Pemutakhiran%
3.882.122 1.030.278 26.5 2.851.844 73.5

Merujuk pada kondisi tersebut, BP Tapera berharap agar informasi terkait pemutakhiran data melalui Portal Kepesertaan Tapera (sitara.tapera.go.id) dapat disebarluaskan oleh seluruh instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah. Utamanya tentang panduan pengisian pemutakhiran data melalui Portal Kepesertaan Tapera.

Berikut infografis sebagai panduan pemutakhiran data melalui Portal Kepesertaan Tapera (sitara.tapera.go.id) :

Data tersebut diatas, tentunya sangat mengkhawatirkan. Karena akan berdampak pada pelayanan BP Tapera kepada PNS. Atau sebaliknya, PNS yang justru akan terkendala saat akan mengambil dana Taperanya dikala Pensiun nanti. Olehnya informasi ini kiranya dapat disebarluaskan dikalangan PNS dan pihak perangkat daerah agar segera mengidentifikasi PNS dilingkupnya yang sudah atau belum melakukan pemutakhiran data peserta Tapera di Portal Kepesertaan Tapera (sitara.tapera.go.id).

Untuk informasi lebih lanjut terkait Tapera, pihak BP Tapera di Jakarta yang bisa dihubungi antara lain :

  • Sdri ANNISA (Staf Komunikasi Badan)    : 0817566663
  • Sdr Eko (Staf Administrasi Peserta)         : 08119333190, dan
  • Sdr Brilian (Staf Administrasi Peserta)     : 081904087232

Demikian, semoga bermanfaat (TT).