MUSYAWARAH KABUPATEN (MUSKAB) I KORPRI POSO SECARA AKLAMASI PILIH FRITS SAMPURNAMA SEBAGAI KETUA KORPRI POSO 2023 – 2028

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Poso untuk pertama kali menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab). Muskab I Tahun 2023 Korpri Poso tersebut berlangsung pada Jumat 20/01/2023 di Hotel Ancyra Poso. Muskab mengangkat tema Penguatan Organisasi dan Insan Korpri Menuju Birokrasi yang Profesional dan Tangguh.

Muskab I Korpri Poso diorganisir oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kab. Poso (BKPSDM). BKPSDM adalah perangkat daerah yang menjalankan tugas dan fungsi Korpri. Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Muskab I Korpri Poso, Tajrimin Haning, yang juga Sekretaris BKPSDM dalam laporannya menyebut Muskab diikuti oleh Dewan Pengurus Provinsi Korpri Sulteng, pengurus Korpri Kabupaten Poso, OPD dan Camat se Kabupaten Poso. Muskab dilaksanakan untuk menyusun program kerja Korpri Kabupaten Poso masa bakti 2023 – 2028, memilih ketua dan pengurus baru DPK Korpri Kab. Poso.

Saat Muskab, Penjabat Sekretaris Daerah Kab. Poso, Frits Sampurnama terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Korpri Kab. Poso untuk periode 2023 – 2028. Frits Sampurnama, berhasil memenangi pemilihan secara aklamasi dari calon lainnya yang saat Muskab mencapai 6 calon ketua. Kelima calon ketua lainnya adalah Ruddy Rompas (Inspektur Inspektorat), Sukimin (Kadis KAD), Yus Madoli (Kepala Bappelitbangda), Markarma Lasimpala (Kadis Nakertrans) dan Yuzak Mentara (Kepala BKPSDM). Keenam calon tersebut adalah pejabat pimpinan tinggi (JPT) lingkup Kab. Poso.

Bupati juga mengungkap soal pentingnya Korpri meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Peningkatan SDM menjadi sebuah keharusan agar kualitas dan profesionalitas Korpri meningkat mengingat semakin besarnya tantangan kerja saat ini dan dimasa mendatang. Apalagi, masyarakat sekarang sangat ingin melihat birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang melayani dan bukan dilayani.

Intinya, Korpri harus bisa mewujudkan aparatur pemerintah yang handal, berintegritas dan berdedikasi tinggi, tandas Verna. Saat ini tuntutan masyarakat terhadap birokrasi yang bersih semakin meningkat dan tantangan yang dihadapi semakin kompleks. Olehnya anggota Korpri, khususnya di Kabupaten Poso, harus mampu bekerja dalam kesatuan yang utuh terintegrasi satu sama lain. Dan disaat yang sama berupaya merubah orientasi dan mindset tentang pelayanan publik dengan memberikan pelayanan prima pada masyarakat, sambungnya. Pelayanan pemerintah pada masyarakat, pinta Bupati, harus cepat, efisien, transparan, inovatif dan kreatif untuk mendorong dan kesejahteraan masyarakat, bilang Bupati lagi.

Dimomen yang sama, Ketua DPP Korpri Sulawesi Tengah, Dr. Zubair, M.Si, berharap Muskab akan melahirkan pengurus yang mampu memajukan Korpri Poso. Korpri merupakan organisasi yang mengedepankan musyawarah untuk mufakat, bilangnya terkait Muskab. Selanjutnya dia menekankan Pengurus Korpri harus bisa menjadi garda terdepan dalam memajukan organisasi untuk kesejahteraan anggota. Dia pun berharap Korpri Poso nantinya bisa bermitra dengan badan usaha ataupun perusahaan swasta di Kab. Poso dan sekitarnya untuk membesarkan organisasi Korpri Poso.

Semoga melalui Muskab I Tahun 2023 Korpri Poso kembali bangkit, eksis, dinamis, solid dan tangguh menuju Kab. Poso yang sejahtera.