Rapat Fasilitasi Profesi ASN 2023 : PENYERAHAN SK PNS BARU FORMASI 2021

Bertempat di Aula Kantor BKD Sulteng dilaksanakan kegiatan Rapat Fasilitasi Profesi ASN Tahun 2023. Rapat berlangsung pada Rabu, Tanggal 8 Februari 2023. Rapat diselenggarakan oleh Sub Bidang Fasilitasi Profesi ASN Bidang Formasi, Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKD Prov. Sulteng. Berbeda dengan peserta pada rapat sejenis tahun lalu, peserta yang hadir mengikuti rapat kali ini adalah para PNS baru formasi Tahun 2021. Dalam acara itu mereka sekaligus menerima SK PNS (100%). Seharian penuh, peserta rapat disuguhi materi atau informasi terkait kebijakan ketaspenan, perbankan dan informasi kepegawaian.

Rapat dibuka oleh Kepala BKD Sulteng yang diwakili Kepala Bidang Formasi, Pengadaan dan Informasi Kepegawaian (FPIK), Syarifuddin, S.Sos, M.AP. Beliau menyampaikan bahwa rapat dimaksudkan sebagai bentuk fasilitasi kepada dua pihak. Kepada organisasi terkait profesi ASN dan kepada ASN sendiri. Melalui media ini, organisasi yang terkait erat dengan profesi ASN dapat menyampaikan informasi termutakhir tentang layanan mereka. Dan ASN, terkhusus PNS baru mendapat informasi yang berkaitan dengan profesinya langsung dari sumber pertama.

Kepala BKD Sulteng, melalui Kabid FPIK, juga mengingatkan dari rapat ini memberi pemahaman bahwa organisasi terkait profesi ASN tidak tunggal. Bukan hanya Koprs Pegawai Republik Indonesia alias Korpri yang dianggap sebagai organisasi terkait profesi ASN. Tapi banyak organisasi atau lembaga yang terkait dengan profesi ASN. Baik secara langsung atau tidak langsung.

Bersifat langsung itu seperti Taspen, BPJS Kesehatan, Tapera, juga organisasi profesi lainnya, semacam IDI, PGRI, PPNI, dll. Bersifat langsung karena regulasi yang mengatur dan atau sebagai instansi pembina dari profesi ASN bersangkutan. Yang tidak langsung tentunya yang berstatus optional atau pilihan. Organisasi atau lembaga seperti perbankan, asuransi dan lembaga pendidikan atau perguruan tinggi.

Para peserta acara Rapat FPASN 2023, yang notabene adalah para ASN baru dan menerima SK PNS (100%), terkonfigurasi sebagai berikut :

Informasi Ketaspenan

Informasi ketaspenan disampaikan oleh Bpk Dimas, narasumber dari PT. Taspen Cabang Palu.  Kepada PNS baru tersebut, beliau menyampaikan regulasi terkait taspen dan hubungannya dengan PNS, serta hak dan kewajiban PNS selama berinteraksi dengan Taspen.

Dimas, yang secara bergantian menyampaikan materi bersama stafnya, juga menyampaikan layanan dan produk Taspen yang terbaru. Walau bersifat opsional tapi bisa diikuti oleh para PNS, lama maupun baru. Seperti program Taspen Life dan keberadaan Bank Mantap. Bank Mantap merupakan bank hasil kerjasama Bank Mandiri dan Taspen.

Informasi Kepegawaian

Materi terkait kepegawaian disampaikan oleh Subkoordinator Fasilitasi Lembaga dan Profesi ASN, Tauhid Thalib. Dipaparkannya hal yang erat kaitannya dengan profesi ASN, utamanya para ASN baru, untuk segera diurus dan dipahami. Seperti tentang kartu identitas PNS berupa kartu ASN virtual dan kartu istri/kartu suami untuk PNS yang sudah menikah. Juga diinfokan pada kesempatan tersebut perihal cuti bagi PNS.

Informasi Perbankan

Rapat FPASN 2023 juga memasukkan materi tentang layanan perbankan. Ini sebagai bentuk fasilitasi kepada lembaga perbankan dalam menyampaikan produk dan layanannya yang berkaitan dengan PNS. Informasi tentang produk perbankan yang bisa dimanfaatkan oleh para PNS baru tersebut disampaikan oleh 2 bank. Bank Mandiri Taspen dan Bank Perkreditan Rakyat Sulawesi Mitra Abadi (BPR SMA).

Rapat diikuti oleh peserta dengan antusias. Mereka banyak menanyakan hal-hal yang harus disiapkan ketika mengurus dokumen kepegawaian. Termasuk pertanyaan tentang produk dari perbankan. Rapat juga berjalan semarak terlebih adanya hadiah langsung (souvenir) bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari para narasumber.

Rapat ditutup pukul 15.00 Wita oleh Sub Koordinator Sub Bidang Fasilitasi dan Lembaga Profesi ASN, Tauhid Thalib. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemateri dan berharap kerjasama ini berjalan semakin baik dimasa datang. Serta apresiasi yang tinggi kepada peserta yang tetap bertahan dan penuh perhatian mengikuti seluruh materi rapat. Semoga bermanfaat. (TT)