SOSIALISASI BEASISWA PROGRAM LPDP BAGI PNS, DAN MASYARAKAT SE-SULAWESI TENGAH

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam hal ini UPT. Penilaian Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan sosialisasi dengan tema Beasiswa Program LPDP bagi PNS, dan Masyarakat Se-Sulawesi Tengah dalam bentuk Luring dan Hybrib Via Youtube  sosialisasi ini dilaksanakan menjelang pembukaan seleksi beasiswa LPDP tahap 2 tahun 2023, Sosialisasi kali ini dilaksanakan di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. pada Selasa, 06 Juni 2023.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WITA ini berjalan penuh antusias dengan dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Sadly Lesnusa, S.Sos., M.Si, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Asri, SH., M.Si., dan dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Kerjasama dan Pengembangan Beasiswa LPDP Dr. Agam Bayu Suryanto, SE., MBA selaku narasumber serta di moderator oleh Kepala UPT. Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Rachman Yape, S.Psi., M.Psi. Psikolog.

Acara sosialisasi Beasiswa LPDP ini juga dihadiri oleh para Sekretaris Daerah dari 13 kab/kota Se-Sulawesi Tengah maupun yang mewakili antara lain dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Tojo Unauna, Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara, kepala BKPSDM 13 Kab/Kota dan perwakilan perangkat-perangkat daerah Se-Provinsi Sulawesi Tengah.  yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai beasiswa LPDP.

Dari sisi tamu eksternal, beberapa pihak yang hadir antara lain perwakilan perguruan tinggi seperti wakil Rektor Universitas Tadulako, Perwakilan UIN DATOKARAMA Palu, Perwakilan Universitas Muhammdiyah Palu Perwakilan Universitas AZLAM, Sekolah Tinggi dan Perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di provinsi Sulawesi Tengah. Kehadiran mereka sebagai tamu eksternal menggambarkan minat yang tinggi terhadap program beasiswa LPDP dan komitmen mereka dalam mendukung pengembangan SDM di wilayah Sulawesi Tengah.

Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Sadly Lesnusa, S.Sos., M.Si, mengatakan bahwa Pemerintah daerah di Sulawesi Tengah dan masyakaratnya tidak mungkin terus bergantung pada kekayaan sumber daya alam tak terbarukan seperti nickel, gas, batu bara dan lainnya yang pada saatnya pasti akan terus berkurang. Sehingga harus menyiapkan sumber daya manusia yang hebat, berkualitas, berdaya saing, berintegritas dan professional yang nantinya bisa bersama-sama membangun kekuatan ekonomi Sulteng masa depan dan terutama menghadapi pembangunan Ibukota Negara.

Rencana pembangunan jangka menengah daerah 2021-2026, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah mengangkat Visi “gerak cepat menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju” yang salah satu misinya berupaya meningkatkan kualitas manusia.

Visi dan misi tersebut diangkat karena Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yakin, hanya dengan memiliki sumber daya manusia yang baik dan punya daya saing tinggi yang akan bisa bertahan dan mampu eksis di era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sosialisasi beasiswa pendidikan LPDP ini merupakan inisiatif dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Badan Kepegawaian Daerah melihat banyak animo maupun respon dari masyarakat khususnya ASN lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah guna meningkatkan kualitas SDM-nya dengan mengajukan tugas belajar melalui pembiayaan APBD.

Namun dengan keterbatasan anggaran APBD pemberian tugas belajar masih sangat terbatas sehingga Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mencari peluang untuk masyarakat Sulawesi Tengah dapat meningkatkan kualitas SDM melalui jalur pendidikan dengan mendorong masyarakat untuk mengakses beasiswa-beasiswa dari lembaga-lembaga pemberi beasiswa, salah satunya program beasiswa yang diprogramkan oleh lembaga pengelola dana pendidikan.

Program-program beasiswa yang diberikan oleh lembaga pengelola dana pendidikan sangat beragam dimana terdapat program-program beasiswa antara lain :

  1. Program General Scholarship diperuntukan untuk masyarakat umum;
  2. Program Targeted Scholarship yang diperuntukan untuk PNS, Polri dan TNI
  3. Program Affirmative Scholarship yang diperuntukkan untuk masyarakat yang berada didaerah tertinggal.
  4. Collaborative Scholarship yang diperuntukkan tenaga pendidik.

Berdasarkan peraturan Presiden No. 63 Tahun 2020, terdapat 3 daerah afirmasi di Provinsi Sulawesi Tengah sehingga dengan kondisi tersebut dan melalui sosialisasi ini pemerintah daerah yang masuk kategori afirmasi dapat mendorong dan menfasilitasi masyarakat maupun ASN-nya untuk memanfaatkan peluang program Affirmative Scolarship LPDP, begitu juga pemerintah daerah lainnya dapat menfasilitasi dan mendorong masyarakatnya untuk memanfaatkan program-program beasiswa lainnya yang diberikan oleh LPDP.

Sosialisasi ini juga bertujuan guna menginformasi kepada perguruan-perguruan tinggi di Sulawesi Tengah dapat mendorong dan memfasilitasi kepada mahasiswa maupun alumninya untuk dapat mengakses program-program beasiswa guna meningkatkan kualitas SDM-nya.

Olehnya, selaku pimpinan daerah, Gubernur Sulawesi Tengah berharap dan mendorong kepada perguruan-perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tengah untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan penyelenggaraan pendidikannya terutama menaikkan akreditasinya dan meraih akreditas A dimana menjadi syarat untuk dapat bekerjasama dan bermitra dengan lembaga pengelola dana pendidikan dalam melaksanakan program-program beasiswa LPDP, sehingga mempermudah dan mendekatkan jarak masyarakat Sulawesi Tengah dalam mengakses program-program beasiswa lpdp.

Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah pada dasarnya sangat berupaya pada tujuannya untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya terutama dibidang pendidikan namun implementasinya perlu effort yang sangat besar dan tidak dapat dilakukan sendiri perlu kolaborasi serta kerjasama dengan berbagai stakeholder sehingga melalui sosialisasi ini menjadi ikhtiar kita bersama guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama mencerdaskan kehidupan bangsa.

Gubernur Sulawesi Tengah berterima kasih karena diberikan kesempatan juga untuk sharing informasi melalui sosialisasi ini.

Kemudian Acara dilanjutkan dengan pemaparan program beasiswa oleh narasumber dari Pihak LPDP.

Penulis: Nurezqi, SE., MM

Fotografer: Idham/Idi Humas