Rapat Fasilitasi Profesi ASN 2023 : PENYERAHAN SK PPPK TENAGA KESEHATAN FORMASI 2022 LINGKUP PROVINSI SULAWESI TENGAH TAHUN 2023

Rapat Fasilitasi Profesi ASN Tahun 2023 kembali dilaksanakan. Rapat berlangsung pada Jumat, 9 Juni 2023 bertempat di aula kantor BKD Prov. Sulteng. Rapat diselenggarakan oleh Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKD Prov. Sulteng. Rapat kali ini memasuki edisi ketiga selama Tahun 2023.

Edisi pertama Rapat FPASN 2023 dilaksanakan pada bulan Februari. Saat itu rapat fokus pada penyerahan SK PNS Formasi 2021. Kemudian edisi kedua berlangsung pada bulan April dengan agenda sosialisasi pendelegasian Cuti PPPK dan fasilitasi pembentukan Korpri unit perangkat daerah Prov. Sulteng. Untuk edisi ketiga ini rapat dikonsentrasikan untuk memfasilitasi ASN menerima SK PPPK Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2022.

Rapat dibuka oleh Kepala BKD Sulteng yang diwakili Kepala UPT Penilaian Kompetensi Pegawai Rachman Yape, S.Psi, M.Psi., Psikolog. Beliau menyampaikan bahwa rapat dimaksudkan sebagai bentuk fasilitasi kepada dua pihak. Kepada organisasi terkait profesi ASN dan kepada ASN sendiri. Melalui media ini, organisasi yang terkait erat dengan profesi ASN dapat menyampaikan informasi termutakhir tentang layanan mereka. Dan ASN, terkhusus PPPK baru menerima SK dan mendapat informasi yang berkaitan dengan profesinya langsung dari sumber pertama.

Saat membuka rapat, beliau didampingi pejabat fungsional Analis SDM Aparatur Ahli Muda pada Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi, Moh. Syarif Zamrud dan Tauhid Thalib serta Kasub Kepegawaian & Umum Dinas Kesehatan Prov. Sulteng, Anton Lapanca, S.Sos.

Para peserta acara Rapat FPASN 2023 edisi ketiga adalah ASN PPPK tenaga kesehatan. Mereka terdistribusi pada 4 unit kerja teknis kesehatan di Prov. Sulteng. RSUD Undata, RSUD Madani, Dinas Kesehatan dan UPT Laboratorium Kesehatan (UPT Labkes). Adapun komposisi PPPK tenaga kesehatan tersebut :

Berhubung terbatasnya tempat rapat, acara dibagi dalam dua sesi. Pagi dan siang setelah jumat. Dinas Kesehatan, RSUD Undata dan UPT Labkes pada sesi pagi. RSUD Madani pada sesi siang. Sebagaimana biasanya rapat FPASN, selain agenda utama berupa penyerahan SK PPPK, juga disisip materi tambahan berupa materi atau informasi terkait ketaspenan, perbankan, kekorprian dan informasi kepegawaian.

Informasi ketaspenan disampaikan langsung oleh pimpinan PT. Taspen Cabang Palu. Untuk materi perbankan hadir BPR Modern Express. Bank yang beralamat di Jl. Samratulangi Palu. Selanjutnya untuk informasi kepegawaian termasuk kekorprian dibawakan oleh pejabat internal dari BKD Prov. Sulteng.

Rapat diikuti oleh peserta dengan antusias. Mereka banyak menanyakan hal-hal yang harus disiapkan ketika mengurus dokumen kepegawaian. Termasuk pertanyaan tentang produk dari perbankan. Rapat juga berjalan semarak terlebih adanya hadiah langsung (souvenir) bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari para narasumber.

Rapat ditutup pukul 16.00 Wita oleh pejabat fungsional Analis SDM Aparatur Ahli Muda, pada Bidang Pengadaan Pemberhentian Dan Informasi, Moh. Syarif Zamrud, S.Sos, MM. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemateri dan berharap kerjasama ini berjalan semakin baik dimasa datang. Serta apresiasi yang tinggi kepada peserta yang tetap bertahan dan penuh perhatian mengikuti seluruh materi rapat. Semoga bermanfaat. (TT)