SK PPPK Tenaga Guru Formasi Tahun 2022 Telah Diserahkan

Rabu dan Kamis, 29-30 Agustus 2023, lalu telah dilaksanakan penyerahan SK Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Guru Formasi Tahun 2022 lingkup Prov. Sulteng. SK yang diserahterimakan sebanyak 2147 kepada Guru SMA dan SMK Prov. Sulteng yang tersebar di 13 Kab/Kota. Mengingat jumlah dan kondisi geografis tersebut, agar para penerima SK lebih mudah dan tidak berbiaya besar, penyerahan SK PPPK dilaksanakan di beberapa titik (Kab/Kota) berdasar kewilayahan Cabang Dinas Pendidikan yang ada.

Terdapat 5 titik lokasi penyerahan SK PPPK yaitu, kantor BKD Sulteng di Palu, di Kota Tolitoli, Luwuk, Poso dan Bungku.  Di kantor BKD Sulteng di Palu untuk para penerima SK dari Kota Palu, Kab. Donggala, Kab. Sigi dan Kab. Parigi Moutong. Jumlah SK yang diserahkan sebanyak 814, dengan rincian masing-masing : Palu (182), Donggala (244), Sigi (131), Parigi Moutong  (257). Berhubung terbatasnya ruangan maka penyerahan SK dilakukan dalam 2 hari, Rabu dan Kamis. Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi (PPI) BKD Sulteng, Syarifuddin, S.Sos, M.AP., bersama Analis SDM Aparatur Ahli Muda, Moh. Syarif Zamrud, S.Sos, MM., yang mendampingi proses penyerahan SK saat itu.

Penyerahan SK di Kota Tolitoli, untuk Guru SMA/SMK lingkup Kab. Buol dan Kab. Tolitoli. Sebanyak 265 SK, dengan rincian Kab. Buol (119) dan Kab. Tolitoli (146). Kegiatan penyerahan SK berlangsung di Aula SMAN 1 Tolitoli. Pejabat BKD Sulteng yang mendampingi proses penyerahan SK adalah Tauhid Thalib.

Untuk penyerahan SK di Kota Poso, untuk Guru SMA/SMK lingkup Kab. Poso dan Kab. Tojo Unauna. Sebanyak 242 SK, dengan rincian Kab. Poso (146) dan Kab. Tojo Unauna (96). Kegiatan penyerahan SK berlangsung di Aula SMAN 1 Poso. Pejabat BKD Sulteng yang mendampingi proses penyerahan SK adalah Misviany dan Nurul Fitri Fatimah.

Selanjutnya di Kota Bungku, Kabupaten Morowali, penyerahan SK dilakukan oleh Danang Bimantoro dan Aswan. Mereka menyerahkan SK PPPK Guru yang ditempatkan di wilayah Kab. Morowali dan Kab. Morowali Utara. Jumlah SK yang diserahkan sebanyak 220, dengan rincian Kab. Morowali (108) dan Kab. Morowali Utara (112). Acara berlangsung di Aula SMAN 1 Bungku.

Berbeda dengan titik lainnya, yang menggunakan aula sekolah, untuk Kota Luwuk, penyerahan SK PPPK Guru dilaksanakan di salah satu hotel yaitu Hotel Estrella Luwuk. Pejabat BKD yang menyerahkan Tiwi Restuyani dan Widya Sagita. Para Guru PPPK yang menerima SK akan mengabdi di tiga kabupaten Banggai Bersaudara yaitu Kab. Banggai, Kab. Banggai Kepulauan (Bangkep) dan Kab. Banggai Laut (Balut). Jumlah SK yang dibagikan untuk wilayah Banggai Bersaudara mencapai 606 SK. Dengan rincian masing-masing : Kab. Banggai (322), Kab. Bangkep (202) dan Kab. Balut (82).

Secara lengkap berikut data penyerahan SK PPPK Guru Formasi Tahun 2022 :

Saat penyerahan, melalui pejabat yang ditunjuk, Kepala BKD Prov. Sulteng meminta para PPPK baru ini langsung melapor dan bekerja pada unit kerja yang telah ditetapkan dalam kontrak. Dan dalam melaksanakan tugas agar senantiasa memegang teguh prinsip-prinsip yang dikenal dengan sebutan ASN Berakhlak.

Untuk formasi Tahun 2022, penyerahan SK PPPK Guru ini adalah termin terakhir dari 3 tahapan penyerahan SK yang dilakukan berdasar jenis ketenagaan: tenaga teknis, tenaga kesehatan dan tenaga guru. Sebelumnya, telah dilaksanakan penyerahan SK PPPK Tenaga Kesehatan pada 9 Juni 2023 kepada 331 orang. Kemudian SK PPPK Tenaga Teknis dilakukan pada 22 Agustus 2023 kepada 64 ASN PPPK.

Semoga para PPPK baru tersebut bisa langsung bekerja dengan penuh integritas, loyal dan berperan sebagai abdi masyarakat dan abdi negara di Sulawesi Tengah. Semoga bermanfaat. (TT)