BKD Gelar Desk Data Kepegawaian dan Pengenalan Aplikasi SIAp Sulteng

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan rapat Desk Data Kepegawaian dan Pengenalan Aplikasi SIAp Sulteng kepada seluruh OPD lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah selama 7 hari berturut-turut. Rapat ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Novalina Wiswadewa di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, pada Senin, 18 September 2023. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Sekretaris BKD, Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan, Kepala UPT Penilaian Kompetensi Pegawai, serta seluruh Kasub Kepegawaian lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng.

SIAp Sulteng merupakan aplikasi replikasi dari SIAp Jabar yang berangkat dari implementasi digitalisasi sistem merit dengan MOU dan PKS antara Pemprov Sulawesi Tengah dan Pemprov Jawa Barat pada Februari 2023. Dalam aplikasi ini terdapat 33 aplikasi yang saling terintegrasi. Adapun beberapa aplikasi yang akan diintegrasikan terlebih dahulu dalam SIAp Sulteng yaitu Aplikasi K-Mob atau Kehadiran Mobile, Aplikasi TRK, dan Sistem Informasi Manajemen Talent. Dengan adanya SIAp Sulteng ini diharapkan dapat memperbaiki pengelolaan kepegawaian di Provinsi Sulawesi Tengah yang dapat berakibat pada distribusi ASN yang lebih merata, kesesuaian kompetensi dengan kebutuhan jabatan, meningkatnya kesejahteraan ASN, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Desk Data Kepegawaian yang berlangsung pada tanggal 18 – 22 September 2023 di Aula BKD Provinsi Sulawesi Tengah. Desk ini dihadiri oleh Kasub Kepegawaian beserta tenaga operatornya dan didampingi oleh Tim Teknis SIAp Sulteng. Dalam kegiatan Desk ini, Kasub Kepegawaian beserta Operator diberikan akses dalam aplikasi SIAp Sulteng sebagai admin OPD yang bertugas untuk mengupdate data jabatan setiap pegawainya dan menyesuaikan daftar jabatan sesuai dengan peta jabatan yang telah disetujui bersama Biro Organisasi (WS).