Penyerahan SK PPPK Tenaga Teknis Hasil Optimalisasi Formasi Tahun 2022

Selasa, 31 Oktober 2023, bertempat di Aula BKD Prov. Sulteng dilaksanakan penyerahan SK Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis Hasil Optimalisasi Tahun 2022 lingkup Prov. Sulteng. Acara yang dikemas sebagai Rapat Fasilitasi Profesi ASN ini menghadirkan PT. Taspen Cabang Palu sebagai narasumber.

ASN PPPK yang menerima SK pengangkatan dan dokumen kontrak kerja berjumlah 127 pegawai. Mereka adalah peserta seleksi ASN PPPK formasi teknis tahun 2022 yang dilaksanakan sekitar April 2023 lalu. Awalnya, mereka bukanlah peserta yang dinyatakan lulus. Karena tidak memenuhi nilai ambang batas yang disyaratkan. Saat itu, yang berhasil memenuhi passing grade hanya sebanyak 64 orang. Ke 64 PPPK tersebut telah menerima SK PPPKnya pada awal Agustus 2023.

Tanpa disangka, pemerintah pusat melalui Kementerian PANRB mengeluarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 571 Tahun 2023 tentang Optimalisasi Pengisian Kebutuhan Jabatan Fungsional Teknis pada Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2022. Kepmenpan RB itu terbit pada Agustus 2023. Salah satu pertimbangan dari munculnya beleid itu adalah minimnya kelulusan pada formasi teknis dan perlunya penghargaan kepada tenaga kontrak yang masih aktif dan terdata pada pangkalan data BKN (TH-K2 dan Non ASN).

Melalui aturan tersebut dilakukan reformulasi terhadap hasil seleksi ASN PPPK teknis tahun 2022 dan dipadankan dengan database TH-K2 dan Non ASN tersebut. Hasilnya, untuk Prov. Sulteng, mendapat 130 ASN PPPK baru. Menyusul 64 ASN PPPK yang sudah lulus duluan. Dari jumlah 130 tersebut, 2 diantaranya mengundurkan diri. Sedang 1 meninggal dunia. Demikianlah, pada akhirnya 127 orang dari kalangan TH-K2 dan Non ASN (berasal dari berbagai instansi tidak hanya dari yang mengabdi di Prov. Sulteng tapi ikut ujian di Prov. Sulteng) yang menjadi ASN PPPK teknis dari hasil optimalisasi tersebut.

Ke-127 PPPK baru tersebut terdistribusi pada 18 OPD lingkup Prov. Sulteng :

Saat penyerahan, melalui pejabat yang ditunjuk, Kepala BKD Prov. Sulteng meminta para PPPK baru ini langsung melapor dan bekerja pada unit kerja yang telah ditetapkan dalam kontrak. Dan dalam melaksanakan tugas agar senantiasa membaca aturan dan memegang teguh prinsip-prinsip yang dikenal dengan sebutan ASN Berakhlak.

Untuk formasi Tahun 2022, penyerahan SK PPPK tenaga teknis hasil optimalisasi ini menjadi gawean terakhir dari proses seleksi pengadaan ASN lingkup Prov. Sulteng Tahun 2022. Semoga para PPPK baru tersebut bisa langsung bekerja dengan penuh integritas, loyal dan berperan sebagai abdi masyarakat dan abdi negara di Sulawesi Tengah. Semoga bermanfaat. (TT)